Inisiatif Bersama Mendorong Partisipasi dan Kesuksesan Perempuan di Sektor Teknologi

21-07-2017 10:07:10 By Iwan Inkiriwang
img

 JakartaVenue | Pada hari Rabu kemarin (19/07/2017) untuk pertama kalinya #WonderTech mengadakan forum diskusi yang dihadiri oleh lebih dari 150 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan dan organisasi di sektor teknologi, konsultan bisnis, venture capital dan kantor hukum. Acara yang diisi oleh sejumlah panelis terkemuka, seperti Noni Purnomo (Direktur Blue Bird Group), Shinta Kamdani (CEO Sintesa Group), Hanifah Ambadar (Pendiri & CEO Female Daily), Sati Rasuanto (MD Endeavour Indonesia), dan David Soukhasing (Direktur, ANGIN).

Wondertech merupakan inisiatif yang bersifat netral tanpa afiliasi dengan satu kesatuan, yang digagas oleh Khailee NG (500startups); David (Angin); Sandhya Devanathan (Country Director Facebook); Dayu Dara (VP Go-Jek); Florian Holm (CoCEO Lazada); Stephanie Alicia (Lazada) dan Aurora Nia (Senior Legal Counsel Zalora), dengan bertujuan untuk memberikan inspirasi dan mendukung membangun partisipasi dan kesuksesan perempuan di bidang teknologi.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh #WonderTech sebelum acara berlangsung, sebagian besar perempuan (85%) merasa tidak ada bias gender terkait kesempatan untuk terlibat atau bekerja di sektor teknologi, namun sebagian besar perempuan merasa bahwa pria masih lebih diuntungkan (55%) untuk mencapai posisi eksekutif senior. Lebih dari itu, dalam mengembangkan karir mereka 33% perempuan merasa lebih mudah melakukannya jika mereka pria.

Dalam acara forum diskusi pada hari ini juga dilakukan survei yang secara langsung dimana mayoritas peserta berpendapat bahwa promosi untuk posisi senior yang bebas dari gender bias merupakan hal terpenting untuk mendorong kemajuan karir perempuan di bidang industri.

Sangat penting untuk memastikan keberagaman dalam pola pikir dan latar belakang bagi para pemimpin di tingkat manajemen, Co-CEO Lazada, Florian Holm berpendapat bahwa pentingnya peningkatan jumlah perempuan yang duduk pada posisi penting dalam perusahaan-perusahaan teknologi yang dapat menjadi kunci kemajuan perusahaan tersebut dan pada akhirnya dapat turut berkontribusi mendorong kemajuan dalam bidang teknologi di Indonesia.

David Soukhasing dari Angin berpendapat bahwa dirinya sebagai investor juga melihat pentinganya jam kerja yang flexible untuk ibu yang bekerja.

Berdasarkan survei interaktif dalam acara, mayoritas peserta berharap melalui diskusi pada hari ini, kedepannya akan dapat dikembangkan sejumlah program berkelanjutan seperti workshop dan mentoring yang dapat meningkatkan minat perempuan untuk terjun dan mengembangkan karir di bidang teknologi hingga mencapai posisi puncak di masing-masing institusinya