Keampuhan Blueberry Mencegah Penyakit Kronis, Apa Saja?

11-07-2017 11:07:58 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bluberry adalah buah dari tumbuhan berupa semak yang ukurannya mulai dari 10 cm hingga 4 m. Tanaman ini memiliki bunga berbentuk bel dengan warna putih, merah atau merah muda, kadang kehijau-hijauan yang tumbuh di Amerika Utara.

Blueberry memilki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti Vitamin C yang berguna memperkuat benteng pertahanan tubuh, serat berkhasiat melancarkan sistem pencernaan, serta mineral yang memiliki manfaat menjaga kesehatan tulang.

Dengan mengandung tiga nutrisi utama tersebut, jelas saja blueberry memiliki kemampuan yang dahsyat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah terhadap otak, dimana blueberry dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Tidak hanya itu, lewat penelitian dibuktikan bahwa banyak terdapat senyawa pada blueberry dapat membantu mencegah penyakit kronis yang selama ini menjadi momok mengerikan bagi semua orang. Apa saja penyakit kronis yang dapat dicegah oleh blueberry?

Kanker

Dengan mengandung vitamin A dan C yang memiliki zat antioksidan tinggi, maka zat tersebut membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Paling hebat zat tersebut juga membantu perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, mulut, pancreas, faring, endometrium, kolon, prostat, esofageal, menghambat pertumbuhan tumor, serta mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Penyakit Jantung

Karena blueberry mengandung asam folat dan vitamin B6 sebagai nutrisi yang mencegah penumpukan homosistein, sehingga bermanfaat membantu menurunkan kolesterol. Akibat menumpuknya homosistein menyebabkan kerusakan pembuluh darah hingga berujung pada penyakit jantung.

Diabetes

Serat yang terdapat dalam blueberry membantu mengontrol kadar gula darah, karenanya mengkonsumsi blueberry sangat baik untuk penderita diabetes tipe 1. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per-minggu yang dikombinasikan dengan buah-buahan lain juga dapat mengurangi 7 persen risiko diabetes tipe 2.

Selain mencegah penyakti kronis, blueberry juga memiliki manfaat laininya bagi tubuh seperti:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah penuaan dini
  • Menurunkan lemak berlebih
  • Mempertajam penglihatan
  • Memperkuat tulang
  • Mengurangi risiko parkinson
  • Menguatkan daya ingat