Jika Sulit Tidur Malam, Jangan Lakukan Hal Ini!

09-07-2017 11:07:01 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Menjalani aktivitas seharian membuat tubuh dan pikiran menjadi lelah. Alangkah nikmatnya bila sesampainya di rumah bisa istirahat sebentar lalu tidur dan bangun pada pagi hari dalam keadaan menyegarkan.

Itu adalah gambaran yang menyenangkan, tapi seringkali sebagian orang mendapat kenyataan yang tidak seindah itu. Ketika sesampainya di rumah bukan istirahat melainkan melakukan aktivitas lainnya hingga membuat pikiran tidak teristirahatkan. Atau ada juga yang sudah merehatkan tubuh dan pikiran, tetapi sulit untuk memejamkan mata.

Hal tersebut bila dibiarkan berlarut akan mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh tentunya, malah juga bisa berakibat negatif pada aktivitas keesokan paginya. Masalah siulit tidur malam bisa ditimbulkan dari beberapa faktor seperti stress dan juga hal lainnya.

Memang stress atau tekanan sangat sulit untuk dihindari. Ketika seseorang berada di tempat tidur, pikiran mulai menerawang membayangkan masalah yang sedang dialami. Tapi ketahuilah hal tersebut malah akan membuat diri kita sulit memejamkan mata dan akan menambah masalah lainnya.

Untuk mencegah masalah tersebut berlarut, diperlukan sebuah usaha yang harus dijalani. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan jika Anda mengalami sulit tidur malam;

Membuka atau membahas pekerjaan

Kerap kali seseorang ketika sudah berada di dalam kamar masih menyempatkan untuk membuka halaman terakhir pekerjaan lalu berusaha menyelesaikannya, melihat email, atau juga membahas pekerjaan dengan pasangan. Hal terebut akan membuat keadaan menjadi tidak santai dan akhirnya sulit untuk tidur. Sebaiknya tinggalkan hal tesebut dan sebaiknya lakukan di pagi hari dalam keadaan yang fresh.

Bermain gadget

Hal ini paling sering dilakukan kebanyakan orang. Saat berada di tempat tidur, mulailah membuka gadget, entah membaca artikel, melihat percakapan grup di aplikasi, berselancar di jejaring sosial dan yang paling parah adalah bermain games. Hal tersebut akan membuat Anda terbuai hingga membuat Anda tak sadar jika malam sudah larut dan esok harinya harus kembali menjalankan aktivitas.

Jauhkanlah gadget dari jangkauan Anda agar keinginan untuk membuka hal-hal menarik yang ada dalam dunia maya tersebut tidak terlaksana. Dan Anda pun dapat tidur dengan nyenyak.

Minum kopi sebelum tidur

Sudahi asupan kafein sejak dari sore hari, karena seperti dikutip dari National Geographic, menurut Seorang direktur dari Stanford University Sleep Disorders Clinic, Jed Black, MD., mengatakan, kafein tetap berada dalam sistem tubuh selama 12 jam.