Biasa Ditanam Untuk Usir Bala, Ternyata Daun Kelor Punya Banyak Manfaat

09-07-2017 09:07:21 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Daun Kelor adalah tanaman khas Indonesia, yang pada jaman dulu banyak dikonsumsi sebagai sayur dengan berbagai olahan. Tanaman yang dapat tumbuh setinggi hingga 700-an meter ini bahkan sudah banyak dikenal oleh mancanegara sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat.

Pada masa lampau tumbuhan ini selain digunakan sebagai bahan pangan juga sebagai obat-obatan, terutama obat luar. Bahkan sering dikaitkan dengan berbagai mistik atau gaib. Karena menurut kepercayaan orang tua jaman dahulu daun kelor dapat mengobati orang yang terkena santet atau semacamnya, bahkan untuk melumpuhkan ilmu hitam banyak orang menggunakan tanaman ini sebagai pengusirnya.

Terlepas dari kepercayaan tersebut dan disertai kemajuan jaman, banyak orang seakan melupakan tanaman kelor ini. Seperti ditulis oleh tribunkaltim.com yang melansir dari tipssehat99.tk, daun kelor memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. JV Readers patut ketahui kandungan apa saja yang ada dalam daun kelor, sebagai berikut;

~ Daun kelor memiliki 3 kali potassium dibandingkan pisang, 4 kali lebih banyak mengandung vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari bayam, 7 kali lipat vitamin C dari jeruk, 4 kali lipat kalsium dari susu, dan 3 kali protein dari yoghurt. Fantastis bukan?

Setelah mengetahui berbagai keajaiban dari daun kelor, berikut JV Readers juga wajib mengetahui apa saja manfaat dari daun kelor bagi kesehatan kita, yakni

  • Menyehatkan kulit, dengan kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun kelor sangat baik bagi kesehatan kulit dan melindungi kulit dari berbagai gangguan seperti mencegah munculnya jerawat.
  • Mengatasi Diabetes, sebagai insulin alami diyakini dapat mencegah penyakit gula darah atau diabetes.
  • Menyehatkan Mata, dengan kandungan vitamin A yang lebih tinggi dari wortel daun kelor dapat menyehatkan mata. Selain mengkonsumsi daunnya sebagai sayuran, air dari rebusan daun kelor dapat untuk membasuh mata yang sakit setiap hari hingga sembuh.
  • Mencegah kanker, dengan antioksidan yang tinggi dapat mencegah timbulnya sel-sel perusak dalam tubuh yang menyebabkan kanker.
  • Menyembuhkan penyakit reumatik, asam urat dan berbagai penyakit persendian lainnya.

Bagaimana tanggapan JV Readers sekalian? Luar biasa bukan tanaman kelor ini. Selain banyak kandungan nutrisinya, manfaat dalam mengobati berbagai penyakit juga banyak. Jadi jangan pernah menganggap daun kelor hanya untuk urusan gaib yang berbau mistik saja, tetapi rasakan manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita.