Uzbekistan Suguhkan Pesona Wisata Religi Islami

08-07-2017 10:07:48 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Uzbekistan adalah sebuah daratan tua di Asia Tengah yang hidup dengan banyak legenda dan sastra. Negara ini punya eksotisme yang luar biasa. Identik dengan padang pasir tanpa batas disertai deretan karavan unta, menara-menara anggun, madrasah-madrasah, makam berarsitektur oriental, lembar-lembar sutra cantik, sulaman emas kelas dunia hingga pemandangan budaya Islam abad pertengahan yang menawan.

ASPHURINDO sebagai salah satu asosiasi penyelenggara haji dan umrah baru-baru ini menjalin kesepakatan dengan Duta Besar Uzbekistan dalam hal penyelenggaraan perjalanan wisata Religi di Uzbekistan. Tur muslim Uzbekistan menjadi program konsorsium yang melibatkan seluruh anggota Asphurindo. Tepatnya berlangsung 27 Juli – 4 Agustus 2017, dengan tujuan tiga kota bersejarah di Uzbekistan, yaitu Bukhara, Samarkand, dan Tashkent.

Seperti yang diutarakan Ketua Umum Asphurindo Syam Resfiadi, “Ini program tur muslim konsorsium pertama pengurus baru Asphurindo, dengan tujuan Uzbekistan. Tur ini sebagai perwujudan kerjasama yang dirintis Asphurindo dengan Kedutaaan Uzbekistan di Indonesia. Dalam tur muslim konsorsium Asphurindo kali ini kami menargetkan diikuti sebanyak 200 orang peserta,” imbuh Syam.

Selain dikenal sebagai kota kelahiran Imam Bukhari, Uzbekistan juga terdapat Makam Imam Al Bukhariy yang merupakan bangunan berbentuk kubus yang ditutupi kubah sepanjang 17 meter. Pintu di sebelah kanan makam mengarah ke dahma – yang merupakan tempat beribadah – dan terus ke bawah. Terletak di atas sebuah panggung, makam teolog ini ditutupi dengan marmer. Masjidnya terletak di sisi kiri halaman bagian dalam, dimana sekitar 1.500 Muslim dapat sembahyang.

Selain itu, ada juga berbagai pesona menarik bernuansa islami antara lain kota Samarkand. Samarkand adalah kota tua yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Samarkand juga merupakan kota penting dalam sejarah Islam di Asia Tengah.

Berbagai pesona keindahan wisata religi Uzbekistan kini sudah menjadi salah satu paket yang diselenggarakan para anggota ASPHURINDO dan menjadi salah satu terobosan kepengurusan baru yang diketuai Syam Resfiadi selain program konsorsium. Bagi para calon jamaah bisa segera mendaftarkan diri di sejumlah anggota Asphurindo diseluruh Indonesia.