Benarkah Nyeri Di Dada Pertanda Kanker Payudara?

08-07-2017 08:07:20 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Bagaimana cara seseorang dapat mengenali gejala awal  kanker payudara? Mungkin JV Readers ada yang sering mengeluhkan dan merasakan nyeri disekitar dada? Banyak orang saat mendengar atau merasakan nyeri yang amat sangat disekitar dada langsung kuatir bahwa mereka terserang kanker payudara. Pertanyaannya benarkah demikian?

 Ada beberapa fakta yang dapat dijadikan petunjuk dan juga menunjukan tentang gejala awal kanker payudara,  salah satunya rasa nyeri disekitar dada tadi. Mungkin JV Readers dan para wanita sudah mengetahui atau minimal pernah mendengar bahwa para penderita kanker payudara sering mengeluhkan rasa nyeri. Nah Pada penderita kanker terdapat sel-sel abnormal yang tumbuh dan merusak jaringan tubuh, hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri tersebut.

Namun seperti ditulis klikdokter.com bahwa rasa nyeri ini dapat timbul berbeda-beda, seperti lokasi kanker, penyebab kanker, dan efek samping dari pengobatannya. Memang diketahui juga secara umum kanker payudara tidak menyebabkan rasa nyeri, tapi saat memasuki stadium lanjut rasa nyeri ini bisa timbul secara intens yang diakibatkan oleh sel-sel kanker tersebut sudah menyebar ke system saraf.

Hal inilah yang sering dialami kenapa kanker payudara sulit terobati atau sembuh, karena diketahuinya setelah adanya rasa nyeri yang intend an sel-sel kanker tersebut sudah menyebar hingga ke system saraf. Dengan kata lain penderitanya sudah mengalami stadium lanjut atau parah.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya para wanita dan JV Readers memahami sejak dini tentang kanker payudara ini, bahkan kanker dan penyakit lainnya. Seperti pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati! Karena rasa nyeri bisa juga dialami oleh seseorang yang terkena serangan jantung!

Berikut ini ada beberapa gejala kanker payudara yang patut JV Readers waspadai, selain nyeri di dada dan payudara:

~ perubahan warna kulit. Adanya perubahan warna kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.

~ perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.

~ perubahan pada putting susu. Dapat berupa putting susu yang masuk kedalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak seperti biasanya. Keluarnyacairan atau darah dari putting susu juga perlu diwaspadai!

Jadi tidak ada salahnya kenali dan rasakan perbedaan yang terjadi sebagai deteksi dini. Bila ada tanda-tanda seperti diatas, segeralah berobat atau konsultasikan dengan dokter!