Rajin-rajin Makan Sayuran Ini Untuk Mencegah Kanker Darah!

07-07-2017 05:07:44 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Kanker adalah penyakit yang berbahaya karena sulit untuk dideteksi dan sulit pula diprediksi. Seperti diketahui beberapa tokoh terkenal atau selebriti tanah air yang belum lama meninggal diakibatkan oleh penyakit kanker.

Kanker, apapun jenisnya diketahui sangat berbahaya, gejalanya yang mirip dengan penyakit lainnya menjadi sulit untuk dideteksi, termasuk juga kanker darah. Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih.

Sel darah putih diproduksi oleh sumsum tulang belakang yang berfungsi melindungi tubuh dari benda asing atau penyakit. Pada pederinta kanker darah, sumsum tulang belakang memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, sehingga tidak dapat berfungsi secara semestinya dan berlebihan.

Karena diproduksi berlebih, akhirnya mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang hingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Selain itu sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain seperti hati, paru-paru, ginjal bahkan ke otak dan tulang belakang.

Selagi tubuh masih sehat, yang dapat dilakukan adalah melakukan pencegahan dengan menjaga pola hidup dan pola makan. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami dapat membantu menghambat pertumbuhan sel yang abnormal dalam sel darah. Sayuran merupakan makanan alami dan sehat yang mudah untuk ditemukan juga dikonsumsi.

Lalu apa saja sayuran yang dapat membantu untuk melakukan pencegahan dari kanker darah? Simak informasinya yang dikutip dari merdeka.com:

Brokoli

Sayuran ini mengandung senyawa alami yang disebut sebagai sulforaphane. Cara kerjanya ialah dengan meningkatkan system kekebalan tubuh dan membunuh semua senyawa karsinogen penyebab kanker.

Kembang Kol

Memiliki satu marga dengan brokoli dan kubis, tentunya mengandung sulforaphane yang dikenal efektif mencegah kanker.

Tomat

Mengkonsuksi tomat dengan rutin bermanfaat untuk mencegah kanker karena mengandung likopen yang mampu mengurangi penyerapan karsinogen dalam tubuh.

Lobak

Memiliki rasa yang pahit hingga banyak orang yang tidak menyukai sayuran ini. Padahal dalam lobak juga terkandung sulforaphane yang bermanfaat besar mencegah kanker darah.

Kubis merah

Rasanya yang unik menjadi sensasi tersendiri, dan saat ini kubis merah mulai banyak dikonsumsi. Selain keunikan rasanya, kubis merah juga mengandung sulforaphane yang tinggi dibanding dari sayuran lainnya dan tentu bermanfaat dalam mencegah kanker.

Nah setelah tahu manfaatnya, mulai sekarang jangan segan-segan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran yang disebutkan diatas tadi. Karena selain bermanfaat mencegah kanker, sayuran tersebut juga merupakan asupan yang baik bagi tubuh serta menyehatkan.