Posisi Tidur Telentang Picu Seseorang Mendengkur ?

06-07-2017 07:07:43 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Mendengkur atau mengorok merupakan indikasi adanya gangguan pada saluran udara yang melewati hidung dan mulut bagian belakang. Ketika tertidur, otot dalam saluran udara akan semakin menyempit, lidah akan bergerak ke belakang mulut menuju saluran aliran udara dan bergetar berlawanan dengan langit-langit mulut yang lunak dan anak lidah.

Namun, tahukah Kalian bahwa posisi tidur menghadap ke atas atau telentang ternyata juga menjadi pemicu seseorang mendengkur ketika tidur. Tidur telentang menyebabkan daging tenggorokan anda menjadi rileks dan terblokirnya saluran udara, sehingga dapat menyebabkan anda tidur mendengkur.

Selain itu, ada beberapa indikasi lain yang menyebabkan seseorang mendengkur ketika tidur, antara lain ;

Ada Gangguan di Hidung
Ketika mulut tertutup dan hidung tersumbat karena menderita flu, demam, atau folip, kemungkinan seseorang mendengkur akan semakin besar.

Berat Badan Berlebih
Semakin bertambah berat seseorang maka timbunan lemaknya juga akan bertambah, timbunan lemak ini juga meningkat pada bagian leher yang akhirnya dapat menekan dan menghambat saluran udara di tenggorokan.

Penggunaan Obat Penenang, Merokok, dan Kelelahan
Orang yang menggunakan obat penenang otot-ototnya akan mengendur karena obat-obatan itu menekan syaraf pusat. Otot-otot yang mengendur akhirnya akan menyebabkan orang mendengkur waktu tidur.

Usia
Seiring bertambahnya usia yang semakin tidak muda lagi, tenggorokan akan menjadi sempit dan kekencangan otot di tenggorokan akan menurun.

Gangguan tidur – mendengkur – dalam istilah kedokteran disebut Sleep Apnea, bila kondisi ini dialami oleh seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama maka akan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti hypertensi, penyakit jantung, stroke, bahkan pada kondisi tertentu gangguan tidur ini bisa menyebabkan kematian