Ini Alasan City Car dan SUV Kuasai Segmen Mobkas

05-07-2017 09:07:26 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Segmen penjualan mobil bekas (mobkas) pada tahun 2017 ini ada sedikit pergeseran. Bila pada tahun-tahun sebelumnya segmen ini ditulang-punggungi oleh mobil berkategori MPV (Multi Purpose Vehicle), sejak awal 2017 dalam semester awal terjadi pergeseran kea rah City Car dan SUV yang lebih banyak diminati oleh konsumen.

Pergeseran minat ini disebabkan oleh adanya daya beli dari pengguna kelas menengah yang beralih dari para pengguna kendaraan bermotor roda dua. Hal ini ditegaskan secara langsung oleh Herjanto Kosasih Bursa Mobil Bekas dikawasan Mangga dua.

“City Car mengalami peningkatan dari para pengguna motor yang beralih menggunakan mobil dengan cara membeli mobil bekas untuk pertama kalinya. Dan pilihan itu jatuh kepada segmen City Car ataupun SUV,”terang Herjanto.

Dari segmen tersebut jenis mobil model Jazz dan Yaris menjadi primadonanya. Namun pilihan lain juga banyak termasuk dari produsen mobil-mobil korea yang semua tergantung daya beli dari konsumen itu sendiri.

Selain City Car, segmen lain yang sedang jadi favorit adalah mobil jenis SUV seperti Pajero atau Fortuner. Untuk mobil buatan tahun 2010 harga bekasnya hanya berkisar Rp 250 juta sampai Rp 300 juta yang jelas jauh lebih murah dari harga barunya. Kedua segmen ini semakin ramai pasarnya dengan harga yang sangat terjangkau oleh konsumen, sementara MPV sendiri cukup stabil pasarnya. “Terlepas dari fenomena pasar ini, kami hanya berharap pasaran mobil sedan harus segera bangkit dari sepinya pasar,”tutup Herjanto. (sumber:antaranews.com)