Makna Dibalik Bekas Gigitan Pada Logo Apple

05-07-2017 07:07:13 By Addo Richard
img

JakartaVenue |Sebagai salah satu perusahaan raksasa global di bidang teknologi, Apple Inc yang populer dengan brand Apple dan dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.


Salah satu yang menarik adalah, perusahaan yang didirikan pada tanggal 1 April, 1976 ini memiliki logo iconic berupa buah apel yang tergigit pada sisi kanan .Lalu apa makna dari logo tersebut ? 2005, jurnalis CNN, Holden Frith, menyelami cerita pembuatan logo tersebut dan mendapat konfirmasi langsung dari salah satu karyawan di perusahaan Cupertino tersebut, meski tidak secara resmi. Menurut cerita, logo tersebut dibuat untuk mengenang Alan Turning yang merupakan pencipta komputer pertama, enigma.


Ada pula anggapan-anggapan lain yang menyimpulkn bahwa logo tersebut terinspirasi dari kisah Adam dan Hawa, serta anggapan sebagai simbol sumber pengetahuan karena menginspirasi Sir Isaac Newton menemukan teori gravitasi. Lalu apa makna sebenarnya dari logo tersebut,?


2009, sebuah wawancara dengan penggambar logo Apple, Rob Janoff dari CreativeBits Janoff mengatakan bahwa Jobs hanya memintanya untuk membuat outline sederhana dari apel. Alasan mengapa buah itu tergigit hanyalah untuk membedakannya dari buah ceri. Gigitan itu hanya dibuat sebagai skala sehingga meski kecil, logo Apple tetap terlihat seperti apel, bukannya buah ceri.