7 Cara Merawat Carrier Agar Awet

04-07-2017 11:07:18 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Saat ini kegiatan mendaki gunung menjadi pupuler, terlebih lagi ketika diputar film yang bercerita tentang perjalanan mendaki gunung baik produksi lokal maupun luar negeri. Imbasnya adalah banyak kalangan muda yang tertarik untuk mencoba kegiatan alam yang menantang tersebut.

Ditambah lagi media sosial yang membuat kita mengetahui tempat-tempat baru yang menarik untuk disinggahi dan menjajal petualangan di alam terbuka. Tapi penting untuk diketahui, mengingat kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang penuh tantangan dan risiko, jadi peralatan dan perbekalan haruslah menjadi bagian yang harus diketahui dengan baik.

Ketika kita akan mendaki gunung setidaknkya ada kurang lebih 25 alat yang harus dibawa untuk mendukung aktifitas dan keselamatan para pendaki saat petualangan dimulai. Salah satunya adalah tas carrier.

Tas carrier adalah tas yang biasa dipakai untuk kegiatan luar ruang baik untuk mendaki gunung ataupun kegiatan lainnya oleh para traveller. Tas ini dapat menampung barang-barang kebutuhan dalam jumlah besar dan memang didesain khusus barang bawaan dengan jumlah besar dan berat.

Mengingat pentingnya carrier dalam aktifitas luar ruang, maka alangkah baiknya kita dapat merawatnya dengan baik pula. Berikut tips dari Ruang Pendaki untuk merawat peralatan mendaki gunung agar awet dipakai;

Selalu gunakan raincover

Raincover sangat efektif melindungi carrier agar lebih awet. Bukan hanya melindungi di kala hujan, tetapi di saat cuaca panas pun bisa melindungi dari paparan langsung sinar matahari.

Jangan tunda bersihkan setelah dipakai

Sering kali para pendaki menunda untuk membersihkan carrier karena kelelahan. Sebaiknya hak tersebut dihindari, segera bersihkan carrier dengan mengeluarkan semua barang-barang bawaan seusai perjalanan. Bukalah semua kantong-kantong termasuk tempat menyimpan raincover.

Jangan gunakan detergen untuk mencuci

Jangan gunakan detergen untuk membersihkan kotoran yang menempel pada carrier, tetapi gunakan sabun mandi yang terbukti efektif. Jangan pula terlalu sering mencucinya karena akan mengikis permukaan carrier terutama di bagian kedap air, cucilah jika sudah terlalu kotor.

Tidak menjemur langsung di bawah matahari

Menjemur carrier langsung dibawah sinar matahari dapat merubah warna dari carrier atau memudar. Sebaiknya carrier cukup diangin-anginkan di tempat yang sejuk dan terpapar sinar matahari langsung.

 Simpan carrier di tempat yang sejuk

Hindari menyimpan carrier di tempat yang lembab, karena akan berpotensi menimbulkan jamur dan menjadikan serangga bersarang di carrier seperti kecoa dan semut. Oleh sebab itu simpanlah carrier di tempat yang sejuk dan kering.

Jangan tindih carrier dengan benda lain

Kesalahan fatal ini kerap dilakukan, menindih carrier dengan benda lain memungkinkan untuk membuat frame yang berada pada bagian dalam carrier akan bengkok. Meskipun frame terbuat dari bahan yang kuat, tetap saja menindih carrier dengan benda lain pada waktu yang lama akan membuat frame berubah bentuk.

Bungkuslah dengan plastik saat menyimpan

Pembungkus plastik ketika membelinya saat baru sebaiknya jangan dibuang, karena akan berguna untuk membungkus carrier saat menyimpannya ketika selesai digunakan dan dibersihkan. Hal tersebut bisa melindungi carrier dari debu dan kotoran selama tak terpakai.