Pesona Mangrove Pikat Wisatawan ke Wana Tirta

03-07-2017 09:07:54 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki daya tarik yang begitu kuat bagi wisatawan baik local maupun mancanegara. Tak heran sekelas tokoh dunia seperti Barack Obama pun sampai menjadwalkan liburannya ke kota yang terkenal sebagai kota Kesultanan di Pulau Jawa ini.

Dan selain kedatangan Obama, yang menarik wisatawan berlibur ke Jogja adalah pesona wisata Hutan Mangrove Wana Tirta yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Seperti dilansir oleh antaranews.com Koordinator Hutan Mangrove Wana Tirta, Warso di Kulon Progo mengatakan, “Meskipun sejak hari Senin (26/6) warga Jogoboyo di kabupaten Purworedjo (Jawa Tengah) sedang melakukan pembangunan gorong-gorong di jalan menuju wisata Hutan Mangrove, ribuan pengunjung tetap memadati area wisata tersebut. Memang ada penurunan terhadap pengunjung akibat pembangunan tersebut, namun tidak mengurangi minat masyarakat atau wisatawan yang ingin berlibur dan menikmati wisata hutan Mangrove ini.”

Adapun setelah diselidiki ternyata maksud dari pembangunan gorong-gorong oleh warga Jogoboyo sebagai sebuah trik agar wisatawan yang datang mengunakan kendaraan roda empat atau bus memarkir kendaraannya dan menggunakan jasa ojek dari warga setempat untuk mencapai tempat wisata Mangrove tersebut.

Kejadian ini membuat kedua pihak yaitu Wana Tirta dan karang taruna Desa Karang Anyar melkukan kesepakatan mengenai lokasi lahan parkir dan pengelolaannya. Hal ini dimaksudkan agar para wisatawan dapat memarkir kendaraannya dengan aman dan nyaman.

Adapun pihak Hutan Wisata Mangrove Wana Tirta mengatakan bahwa pihaknya mengedepankan proses pengelolaan mangrove secara kekeluargaan, sehingga spot-spot untuk berfoto tidaklah begitu banyak.