Ini Beberapa Tips Perbaikan Motor Seusai Mudik Lebaran!

03-07-2017 09:07:41 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Sebentar lagi musim liburan akan selesai, dimana aktivitas semua orang akan kembali seperti sediakala. Perkantoran sebagian besar sudah mulai beroperasi, begitu juga anak-anak yang bersekolah akan kembali memulai aktivitas belajarnya. Namun jangan lupa beberapa hal sebelum memulai semua kegiatan JV Readers! Khusus bagi JV Readers yang kemarin berlibur, baik liburan sekolah ataupun mudik lebaran dengan sepeda motor sebaiknya periksakan kendaraan anda agar segala aktivitas yang akan dimulai dapat berjalan lancar!

Berikut tim JakartaVenue akan membagikan tips-tips yang harus diperhatikan atau diperbaiki pada beberapa komponen kendaraan sepeda motor JV Readers sekalian, seperti :

Oli Mesin

Ibarat darah dalam tubuh manusia, oli adalah salah satu komponen penting yang menjadi nyawa bagi sepeda motor kita. Walaupun hanya digunakan dalam jarak yang tidak terlalu jauh, namun sebaiknya diganti dengan yang baru. Kenapa? Karena oli bertugas melumasi mesin sepeda motor agar dapat menghindari kerusakan parah pada mesin sepeda motor. Lebih baik mengganti oli daripada harus keluar biaya besar bila terjadi kerusakan pada mesin!

Periksa system pengereman

Dalam system pengereman pada sepeda motor, yang harus diperhatikan adalah minyak rem, kedalaman atau kekuatan komponen rem itu sendiri seperti piston, kawat rem, dan kanvas rem.

Rantai dan Vanbelt

Selanjutnya adalah pengecekan pada kerenggangan rantai (pada motor non matic) dan Vanbelt (motor matic)! Hal ini dikarenakan pada pemakaian jarak jauh baik rantai atau vanbelt biasanya akan mengalami aus atau kendor pada tingkat keregangannya.

Suspensi atau Shockbreaker

 Bila saat liburan kemarin motor anda membawa beban yang berat seperti penumpang dan barang bawaan, sebaiknya segera periksa suspense motor (shockbreaker). Kemungkinan saat diperjalanan kemarin terkena lubang atau melintas di jalan yang rusak. Hal ini agar kestabilan motor saat kita kendarai nanti tetap terasa nyaman.

Velg dan Ban

Untuk bagian ban yang harus diperhatikan adalah ketebalan dan alur-nya. Bila ada kotoran berupa kerikil di sela ban, sebaiknya segera dibersihkan agar tidak merusak atau menimbulkan kebocoran. Lalu untuk velg sendiri yang harus diperhatikan seperti pada lingkar dan jari-jari.

Kelistrikan

Untuk bagian kelistrikan disini yang dimaksud adalah kondisi lampu utama, lampu rem, klakson, starter elektrik, dan sebagainya. Apalagi pada sepeda motor keluaran terbaru yang posisi lampu otomatis hidup terus saat mesin dinyalakan, ada kemungkinan terjadi korslet atau cepat redup bahkan putus.

Periksa kekencangan pada mur dan baut

Yang terakhir adalah periksa semua baut dan mur pada sepeda motor anda. Jangan pernah menganggap sepele dengan mur dan baut! Sebab bila satu saja baut atau mur kurang kencang maka akan mengakibatkan gangguan, apalagi bila sampai terlepas atau hilang.

Nah JV Readers, kira-kira itulah tips yang dapat tim JakartaVenue bagikan, semoga bermanfaat dan nyaman dalam berkendara. (sumber antaranews.com)