Minum Air Putih Setelah Makan Mempunyai Akibat Buruk

02-07-2017 03:07:57 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Air putih atau air mineral memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun dalam mengkonsumsinya haruslah baik dan teratur. Karena jika tidak baik dalam mengkonsumsinya, maka yang terjadi adalah kita tidak akan mendapat manfaat yang maksimal atau malah dampak buruk yang didapat.

Seperti kebiasaan terjadi pada kebanyakan orang yang minum air putih setelah makan dalam jumlah banyak. Padahal yang baik adalah lebih dulu minum air putih sedikit sebelum makan dan setelah makan minum air putih secukupnya atau tidak berlebihan.

Jika kita minum air putih terlalu banyak setelah makan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Meskipun tidak membahayakan tetapi efek buruk tersebut bisa mengakibatkan banyak hal yang tentunya membuat kita tidak nyaman dan terganggu.

Berikut akibat minum air putih terlalu banyak setelah makan:

Perut kembung dan tidak nyaman

Minum terlalu banyak setelah makan dapat memicu terjadinya gas yang berlebih dan berlangsung secara cepat. Hal tersebut akan membuat perut menjadi kembung dan tidak nyaman.

Meningkatkan risiko sembelit

Karena air yang masuk terlalu banyak, sehingga membuat makanan yang dicerna menjadi lebih sulit melewati usus besar dan pada akhirnya meningkatkan risiko sembelit, gas berlebih dan sebagainya.

Menaikkan gula darah

Makanan yang tidak sempurna dicerna tadi itu dapat mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah. Naiknya gula darah berlangsung sangat cepat seiring dengan tertinggalnya makanan yang belum tercerna.

Asam lambung berlebih

Minum air terlalu banyak membuat asam lambung terdiusi dan memicu naiknya asam lambung serta dikhawatirkan dapat pula memicu refluks asam.

Dengan demikian, maka dapat disimulkan bahwa minum air putih yang mengandung banyak manfaat tersebut harus dimengerti bagaimana mengkonsumsinya terutama disaat makan agar mendapatkan manfaat yang maksimal.