Doodle Google Menampilkan Victor Hugo, Siapakah Dia ?

30-06-2017 03:06:20 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Hari ini, Jumat 30 Juni 2017 mesin pencari paling populer Google menampilkan doodle seorang pria tua berambut putih dan  sepasang patung, sosok tersebut adalah Victor Hugo. Lalu siapa Victor Hugo dan mengapa Google menampilkan sosoknya pada doodle mereka ?.

 Pria bernama lengkap Victor Marie Hugo adalah salah satu penulis aliran romantisme pada abad ke-19 dan sering dianggap sebagai salah satu penyair terbesar Perancis. Karya-karyanya yang paling terkenal adalah novel Les Misérables dan Notre-Dame de Paris. 

Hasil karyanya menggambarkan hampir semua isu politik dan sosial, serta kecendrungan artistik pada zamannya. Salah satu quote miliknya yang populer mengatakan, “Kebaikan adalah harta langka dalam sejarah dan orang baik adalah agung."

Menurut Google, doodle hari ini dibuat untuk merayakan hari ulang tahun Victor Hugo ke-215. Uniknya, Victor Hugo sebenarnya pada 26 Februari 1802 di Besancon, Perancis dan tutup usia 22 Mei 1885 pada umur 83 tahun. Ternyata, doodle ini untuk merayakan hari jadi karyanya yang sangat terkenal, yakni Les Miserables. Babak terakhir dari novel epik itu dirilis pada tanggal 30 Juni 1862 seperti yang dikutip dari Kompas.

Victor Hugo dihormati dengan muncul di mata uang Perancis. Namanya juga dijadikan nama jalan, taman, pegunungan, dan beberapa patung di kota besar Perancis.