Mie Lethek Khas Bantul yang Jadi Favorit Rombongan Obama

29-06-2017 11:06:15 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Saat ini Barack Obama sedang menikmati liburannya bersama keluarga di Yogyakarta. Ada yang menarik ketika sang presiden Amerika Serikat ke-44 itu mengunjungi Puncak Becici, salah satu objek wisata di Bantul, Yogyakarta.

Setelah Obama beserta rombongan berkunjung ke Puncak Becici, lalu mengunjungi restoran Bumi Langit di Imogiri, Bantul, Yogyakarta, untuk makan siang. Di restoran tersebut rombongan disajikan makanan yang menjadi khas restoran tersebut yang salah satunya adalah mie Lethek.

Iskandar Woworuntu selaku pemilik restoran mengatakan bahwa yang paling banyak di datangi adalah mile Lethek. "Kelihatannya paling banyak yang bolak-balik didatengi mie Lethek, mienya orang Bantul. Kita belinya dari Srandakan. Kalau orang tau mienya digiling pakai sapi, itukan mengagumkan untuk orang seperti mereka," ucapnya.

Lantas seperti apa sih mie Lethek yang bikin Obama dan rombongan sampai bolak-balik menikmati mie khas bantul itu?

Mie Lethek adalah mie yang terbuat dari tepung tapioka dan gaplek serta diolah secara tradisional tanpa menggunakan bahan pengawet, pewarna atau bahan kimia lainnya. Maka itu tampilan mie Lethek agak kusam dan berwarna kuning gading seperti gaplek.

Untuk pengolahannya, mie Lethek bisa diolah menjadi mie Lethek goreng, rebus sampai dijadikan campuran nasi goreng. Dimasak diatas tungku anglo berbahan bakar arang dari batok kelapa dan menggunakan berbagai bumbu dan rempah Nusantara, dan mungkin hal itulah yang membuat mie Lethek menjadi berkesan.

JV Readers yang sedang berada atau berwisata di Yogyakarta bisa mengunjungi sentra pembuatan mie Lethek yang terletak di Dusun Bendo, Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Pabrik ini sudah berdiri lebih dari setengah abad dan sampai sekarang masih menggunakan tradisional dan unik dalam proses pembuatan mie Lethek. Lebih unik lagi, seekor sapi dilibatkan sebagai pekerja untuk memutar lumping raksasa.