Gemparkan Dunia, Apa Itu Ransome Petya?

29-06-2017 08:06:44 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Jika sebelumnya Ransomeware WannaCry, Selasa 27 Juni 2017 kemarin, dunia kembali dikejutkan dengan kehadiran program jahat Ransomeware Petya yang menyerang AS dan Eropa. Petya disebut lebih berbahaya dari WannaCry karena menyerang komputer yang sudah terlindungi oleh pembaruan keamanan baru.

Ahli keamanan siber Nicholas Weaver menyebut Petya sebagai "serangan terencana, jahat dan menghancurkan atau juga tes yang disamarkan sebagai ransomware". Sementara itu, Pakar anonim yang dipanggil Grugq menyebut Petya adalah perusahaan kriminal untuk mencari uang, tapi, versi terbaru ini tidak dirancang untuk menghasilkan uang.

Begitu terkena Petya, penyerang meminta 300 dolar Amerika Serikat (AS) dibayar dalam Bitcoin. Virus ini cepat menyebar dalam sebuah orginasis jika ada satu komputer yang terinfeksi, hacker memanfaatkan kelemahan di Microsoft Windows. Penularan virur diketahui melalui penyebaran file atachment email dan link ke situs malware.

Dari dalam negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap serangan Ransomware Petya. Kemenkominfo terus memantau serta memitigasi pergerakan dari virus petya di Indonesia.

 "Cara kerja virus petya ini mirip dengan virus ransomware wannacry yang menyerang skala global pada 13 Mei 2017 lalu,"