Mabuk Perjalanan? Atasi Dengan Rempah-Rempah Berikut!

27-06-2017 11:06:55 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Meski sudah melewati puncak arus mudik, namun masih ada yang melakukan perjalanan mudik di saat-saat hari raya atau setelahnya. Ya memang tidak macet, tetapi yang namanya mabuk perjalanan tetap saja bisa menyerang meskipun kondisi jalan lancar.

Perlu diketahui bahwa mabuk perjalanan disebabkan oleh adanya motion sickness. Motion sickness adalah munculnya perasaan yang tidak enak pada tubuh karena gerakan yang berulang-ulang. Tidak semua orang akan merasakan perasaan tersebut, hanya sebagian orang yang memang tidak kuat dengan gerakan berulang yang akan mabuk perjalanan.

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky, mabuk perjalanan ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi atau ngemil rempah-rempah berikut.

Cengkeh

Mengkonsumsi cengkeh dengan dikunyah bisa untuk mencegah rasa mual penyebab mabuk perjalanan.

Teh Mint

Menikmati secangkir teh mint sebelum memulai perjalanan atau dengan mengunyah dauh mint juga bisa mencegah rasa mual.

Teh Jahe

Rempah yang satu ini sudah sering digunakan oleh sebagian orang yang sering mengalami mabuk perjalanan, dan banyak yang berhasil.

Merica

Memang agak aneh mendengar ngemil merica. Ups jangan salah dulu, merica tersebut bukan untuk dikunyah, tetapi si merica sudah berupa bubuk yang ditambahkan ke dalam secangkir air lemon kemudian diminum sebelum memulai perjalanan.

Bunga Lawang

Sebelum melakukan perjalanan juga bisa mengulum bunga lawang untuk mencegah rasa ingin muntah.

Kayu Manis

Tambahkan bubuk kayu manis sebanyak satu sendok teh kedalam sedikit rebusan air bermanfaat mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Kapulaga

Rempah satu ini berfungsi sama seperti cengkeh yaitu mencegah rasa mual yang dapat timbul dalam perjalanan dengan mengunyahnya.

Nah buat JV Readers yang memiliki “langganan” mabuk perjalanan, tips diatas tadi bisa dicoba ketika ingin melakukan perjalanan jauh ataupun saat kembali lagi ke Jakarta dari kampong halaman nanti. Good luck guys!!!