Ada Apa Dibalik Bangkrutnya 7 Eleven?

24-06-2017 09:06:33 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Kabar mengejutkan datang dari dunia bisnis menjelang lebaran. Gerai muda-mudi yang sebelumnya begitu populer dikabarkan gulung tikar. Gerai 7-eleven (Sevel) yang dikelola dibawah naungan PT Modern Sevel Indonesia diberitakan akan menutup semua gerainya karena bangkrut, akhir bulan ini?

Sebenarnya kabar ini sudah diprediksi atau diduga sebelumnya, setelah mulai tahun 2015 banyak gerai Sevel yang secara tiba-tiba ditutup. Bila kita tengok kebelakang, yaitu sekitar tahun 2011 Sevel berada dalam perkembangan usaha yang baik dengan memiliki sekitar 50 gerai. Bahkan pertumbuhan usaha Sevel sempat mencapai puncak kejayaan pada tahun 2014 deng total keseluruhan 190 gerai diseluruh kawasan di Jakarta. Lalu kenapa hanya dalam selang waktu kurang dari dua tahun usaha ini mengalami kemunduran yang berimbas pada penutupan semua gerai usaha Sevel akibat bangkrut tahun 2017 ini?

Disinyalir adanya beberapa faktor yang menjadi alasan bangkrutnya Sevel, seperti dikutip dari tirto.id salah satunya adalah adanya larangan menjual alkohol dan persaingan yang tinggi dengan para pendatang baru di segmen usaha yang sejenis. Pada waktu awal masuk Indonesia sekitar tahun 2008, Sevel yang masuk dikategori mini market dan tempat hangout kawula muda ini meraih pendapatan yang lumayan signifikan dari penjualan bir dan minuman beralkohol lainnya.

Namun pada tahun 2015, tepatnya 16 April 2015 terbit larangan bagi mini market untuk berjualan bir dan minuman beralkohol lainnya melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 06/M-DAG/PER/1/2015. Aturan yang berisi Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol ini bertujuan menghindari alkohol oleh anak dibawah umur dan remaja.

Aturan inilah yang disinyalir menjadi alasan kuat menurunnya angka penjualan dan omzet Sevel. Belum lagi adanya persaingan ketat dengan bermunculannya usaha sejenis yang memberikan harga lebih murah namun konsep pelayanan tetap sama. Sebelumnya saingan Sevel selama ini hanyalah Circle-K, namun belakangan muncul Lawson dan Family Mart. Inilah yang menjadi dua penyebab dan alasan bangkrutnya gerai 7-eleven (Sevel) akhir bulan Juni ini.