Kurangi Kebiasaan Minum Dengan Sedotan Atau?

23-06-2017 09:06:12 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Meneguk minuman menggunakan sedotan plastik sudah tentu lebih menyenangkan dan nikmat, apalagi kalo minuman dingin kesukaan. Namun, tahukah bahwa kebiasaan terlalu sering minum menggunakan sedotan plastik ternyata dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan.

Renée Rouleau, seorang ahli kecantikan ternama,mengatakan, “Kebiasaan minum menggunakan sedotan adalah salah satu habit yang sebaiknya kamu hentikan sesegera mungkin jika kamu ingin menghindari dan mencegah munculnya keriput-keriput di sekitar mulutmu. Minum dengan sedotan adalah penyebab munculnya keriput wajah yang banyak terjadi tanpa disadari”.

"Gerakan bibir yang Anda lakukan saat minum dengan menggunakan sedotan akan mendorong pecahnya kolagen, sehingga elastisitas kulit lebih cepat hilang. Hal ini menyebabkan timbulnya keriput dan garis halus yang sebenarnya belum saatnya muncul," kata Rouleau.

Lesley M. M. Blume, penulis buku Let's Bring Back: An Encyclopedia of Forgotten-Yet-Delightful, Chic, Useful, Curious, and Otherwise Commendable Things from Times Gone By, menambahkan bahwa mulut kita akan mengerucut ketika minum menggunakan sedotan. Bayangkan bila Anda selama bertahun-tahun menggunakan sedotan untuk minum, sudut mulut akan lebih cepat keriput. Wajah juga akan terlihat lebih tirus, namun tidak sedap dipandang. Kondisi yang sama juga akan dialami perempuan yang punya kebiasaan merokok.

Selain itu, dikutip dari Kompas.com, menurut Mark Burhenne, DDS, cosmetic dentist yang juga pendiri AsktheDentist.com, meskipun minum lewat sedotan, kita tetap bisa merasakan minuman itu menyentuh gigi. Hal ini disebabkan kebanyakan orang menyelipkan ujung sedotan di antara bibir dan di depan gigi, sehingga efek minuman manis yang merusak gigi masih bisa terasa.

"Orang yang menahan sedotan di antara gigi, bagian belakang giginya masih terpapar. Ingat, lidah itu terus bersentuhan dengan gigi, jadi jika ada soda atau kopi menyentuh lidah, artinya juga mengenai gigi. Ketika Anda mencicipi minuman, gigi pasti sudah terpapar," katanya.

Penulis: M Iswan
Foto: Istimewa