Lakukan Hal Ini Agar Baterai Ponsel Tidak Cepat Habis Saat Mudik

23-06-2017 06:06:39 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Perjalanan ketika mudik yang selalu dihadapkan dengan kondisi macet akan membuat perjalanan terasa sangat panjang. Era sekarang dimana teknologi smartphone sudah menjadi bagian penting dalam masyarakat, karena dapat berfungsi bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga menjadi alat yang bermanfaat lainnya.

Dengan kondisi mengalami kemacetan akan besar kemungkinan Anda akan kehabisan baterai ponsel di jalan. Memang powerbank atau alat untuk menigisi baterai portable bisa diandalkan mengisi kembali daya smartphone Anda Akan tetapi untuk mengantisipasi kondisi yang lebih buruk seperti macet yang panjang dan lama, juga harus dilakukan cara agar baterai ponsel tidak boros.

Berikut langkah yang dapat dilakukan agar baterai ponsel  Anda hemat dalam perjalanan mudik dihimpun dari berbagai sumber:

Tidak terlalu sering bermain game

Untuk membunuh rasa jenuh ketika macet, bermain game adalah hal umum yang dilakukan kebanyakan orang. Tapi alangkah baiknya bila kegiatan tersebut tidak sering dilakukan, karena akan menguras baterai ponsel Anda. PIkirkanlah bahwa perjalanan masih panjang dan ponsel Anda kemungkinan akan sangat dibutuhkan disaat-saat yang memang mendesak.

Matikan aplikasi yang tidak atau jarang digunakan

Dalam smartphone Anda kadang ada satu dua aplikasi yang jarang digunakan seperti aplikasi komersial, aplikasi atau juga informasi pertandingan sepak bola yang dibuka ketika diperlukan saja. Matikanlah aplikasi tersebut, karena akan dapat mengurangi daya baterai.

Sebaliknya, jangan tutup aplikasi yang sering digunakan. Karena ketika kita tutup aplikasi tersebut, maka data-data dari aplikasi tersebut akan terhapus dari memori (RAM). Lalu saat kita membuka kembali aplikasi itu, perangkat akan “memanggil kembali” data-data yang diperlukan, hal tersebut butuh proses. Menutup dan membuka aplikasi secara berulang seperti demikian akan menghabiskan baterai smartphone Anda.

Tidak melakukan streaming

Saat macet memang asyik menonton film atau mendengarkan musik menggunakan layanan streaming, tapi ketahuilah bahwa ketika Anda menikmati layanan streaming tersebut berarti Anda “memaksa” ponsel untuk terus bekerja dan pastinya membuat baterai cepat habis. Jika ingin menonton film atau mendengarkan musik sebaiknya unduhlah terlebih dahulu sebelum perjalanan dimulai.

Matikan fitur getar

Fitur getar membutuhkan energi yang besar dibandingkan dering telepon biasa , sehingga akan membuat baterai ponsel cepat habis, karenanya mengaktifkan fitur getar disaat berada dalam kendaraan rasa-rasanya adalah tindakan yang kurang tepat.

Pasalnya fitur getar biasa digunakan ketika kita memerlukan kondisi untuk tenang, misalkan dalam ruang rapat atau sedang menjenguk di rumah sakit yang sangat membantu kita untuk menerima panggilan atau pesan masuk tanpa suara.

Matikan sinyal radio

Saat dalam perjalanan mudik pasti kita akan melewati tempat atau daerah yang pemancar sinyalnya jauh dari tempat ponsel kita berada, atau bisa juga trafiknya penuh. Kondisi tersebut membuat sinyal melemah atau bahkan menghilang, dan system smartphone Anda tetap terus “berjuang” untuk mencari sambungan yang terbaik. Nah hal tersebut ternyata dapat membuat baterai cepat habis.

Oleh sebab itu matikanlah sinyal radio ponsel Anda jika tidak mendapat koneksi yang stabil dalam beberapa saat. Anda bisa mematikan sinyal radio tersebut pada menu setting ponsel Anda. Jangan lupa matikan juga Wifi dan Bluetooth jika tidak digunakan.

Atur tampilan layar

Layar ponsel yang terang juga dapat membuat baterai boros. Sebaiknya atur tampilan layar ponsel dengan intensitas rendah atau redup, malahan bila tidak sedang digunakan lebih baik matikan saja agar dapat memperpanjang “nafas” ponsel Anda.