Belimbing Wuluh Ampuh Redakan Nyeri Akibat Sakit Gigi

22-06-2017 07:06:00 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Belimbing Wuluh atau belimbing sayur merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia.

Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu. Dibalik rasanya yang masam, ternyata tanaman ini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan dan kecantikan yang antara lain ;

Mengobati Batuk

Anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberikan pengobatan dengan belimbing wuluh.
Caranya : 3 Butir belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.

Efektif untuk mengobati sakit gigi

Efek belimbing wuluh untuk membantu meredakan sakit gigi untuk sementara sangat ampuh. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk belimbing dan meletakkannya pada gigi berlubang

Mencegah hipertensi

Belimbing wuluh sudah digunakan oleh masyarakat tradisional untuk membantu dalam hal masalah tekanan darah tinggi. Caranya cukup mudah, cukup rebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air hingga menjadi 1/2 gelas. Lalu minum setiap hari 1 kali hingga tekanan darah berkurang.

Mengatasi Jerawat

Belimbing wuluh juga sangat baik untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel, zat asam yang terdapat pada belimbing mungkin akan memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Namun kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan dan mensamarkan jerawat yang ada di wajah.

Selain manfaat diatas, kandungan gizi pada belimbing wuluh juga efektif untuk mengatasi penyakit seperti Rheumatik, Gondongan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menangkal radikal bebas.

Penulis: M Iswan
Foto: Istimewa