Doodle Google Rayakan Ultah Oskar Fischinger, Siapakah Dia?

22-06-2017 03:06:51 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Hari ini Kamis (22/6) Google memberikan penghormatan ulang tahun Oskar Fischinger yang ke-117 dengan menampilkan gambar visual pada beranda Google Doodle dari karya dari sang seniman. Bagi yang belum mengetahui atau mengenalnya pasti bertanya-tanya siapa sosok Oskar Fischinger.

Oskar Fischinger adalah pria kelahiran Jerman 22 Juni 1900. Dia merupakan seorang seniman, pemusik dan pembuat film Jerman-Amerika yang menciptakan karya seni animasi yang luar biasa dalam bidang musik. Ia meninggal pada 31 Januari 1967.

Fischinger meninggalkan Jerman menuju ke Hollywood, Amerika Serikat pada tahun 1936 dimana pada saat itu Hitler menindak seni abstrak di negaranya. Ia terobsesi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun membuat karya seni animasi stop motion yang disinkronkan dengan musik.

Jauh sebelum perangkat lunak dibuat, animasi merupakan karya cipta terbaik yang mengharuskan si pembuat menyusun decngan cermat agar bisa dipastikan bahwa hasilnya bisa tepat waktu dengan musik.

“Musik tidak terbatas pada dunia suara. Ada musik dunia visual,” adalah salah satu kutipan terkenal Fischinger.

Beberapa dekade sebelum munculnya grafis komputer dan video musik, Fischinger lebih dulu membuat animasi musik abstrak. Efek khusus untuk Fritz Lang’s 1929 Woman In The Moon, salah satu film roket sci-fi pertama adalah salah satu karyanya.

Selain itu juga ia telah membuat lebih dari 50 film pendek dan melukis sekitar 800 kanvas. Karya-karya Oskar Fischinger banyak terdapat di museum, galeri dan koleksi di seluruh dunia. Karya film miliknya yang sekarang terdaftar di National Film Registry dari A.S. Library of Congress adalah Motion Painting No. 1 (1947).

Saat ini jika Anda membuka mesin pencari Google, maka tampillah pada muka halaman, gambar visual karya Oskar Fischinger. Lalu jika Anda klik maka diarahkan ke halaman pembuatan seni visual. Anda akan dapat membuat dan mengedit karya sendiri dengan cara mengklik berlian untuk memilih not atau tangga nada, kemudian akan diperdengarkan rangkaian not yang telah kita pilih.

Berikut adalah salah satu karya dari Oskar Fischinger: