Destinasi Wisata Ramadhan, Bangunan Masjid Menyerupai Kabah di Subang Jawa Barat

21-06-2017 06:06:21 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Tak hanya di Masjidil Haram Mekah, bangunan Kabah juga ternyata ada di Indonesia tepatnya di kota Subang, Jawa Barat. Lokasinya terletak di Jalan Kalijati Timur, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Subang dan masjid ini diberi nama  At-Toyibah.

Tak hanya bangunan Ka'bah, disekitar lokasi pun dibuat bernuansa padang pasir khas Timur Tengah, bahkan ada juga makam replika Nabi Ibrahim, Hajar Aswad,Bukit Safa-Marwah serta jajaran pohon palm yang tertata rapih. Tak sekedar beribadah, melihat keunikan masjid ini, cukup banyak orang yang datang serta mengabadikan gambar ditempat ini. 

Masjid ini sengaja dibangun sang pemilik karena terinspirasi akan kerinduan sang pemilik untuk kembali menunaikan ibadah haji ke Mekah. Masjid ini juga kedepan rencananya akan dibangun Hijir Ismail, tempat tawaf, dan tempat sa'i, serta madrasah, namun sayangnya proses pembangunannya masih belum bisa dipastikan karena alasan dana.

Pengurus masjid At- Toyibah, Ustad Sayid mengatakan, “Memang dibentuk replikanya agar semakin menyerupai bentuk aslinya. Pendirinya terisnpirasi saat beliau pergi ke tanah suci. Banyak orang yang penasaran dengan bentuk masjid ini”

Meski belum seutuhnya rampung, keunikan masjid ini rasanya sangat layak dijadikan destinasi wisata Ramadhan atau, bagi pemudik yang melintas dikawasan Subang rasanya kurang afdhol jika kalian tidak singgah di masjid ini. Bangunan ini menjadi salah satu icon kota Subang.