Mengenal Karakter “SRI ASIH” Wonder Woman Versi Indonesia

20-06-2017 12:06:55 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bagi para pecinta karakter super hero, tentu taka sing denga sosok superhero cantik ‘Wonder Woman’ yang merupakan karakter perempuan superhero fiktif yang muncul di buku komik Amerika Serikat yang diterbitkan oleh DC Comics popular sejak tahun 1941.

Dia memiliki berbagai kekuatan manusia super dan kemampuan berlaga dan bertarung yang hebat. Dia memiliki berbagai senjata, termasuk Laso Kebenaran, sepasang gelang yang tak terkalahkan, sebuah tiara yang dapat dijadikan sebagai proyektil, dan (pada kisah yang lama) serangkaian perangkat yang berdasarkan teknologi Amazon.

Ternyata tak hanya di Amerika, di Indonesia juga ada superhero wanita yakni ‘Sri Asih’. Sri Asih adalah tokoh komik ciptaan R.A. Kosasih. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1954 oleh Penerbit Melodie. Sri Asih bisa dianggap adaptasi komik pahlawan super Amerika ke dalam corak Indonesia.

‘Sri Asih’ dikisahkan sebagai Nani Wijaya seorang gadis lugu yang apabila dia mengucapkan kata sakti "Dewi Asih" maka ia akan berubah menjadi pahlawan super wanita yang bisa terbang, kebal, berkekuatan super, bisa menggandakan diri, dan memperbesar tubuhnya. Kisah-kisah Sri Asih tidak hanya berlokasi di Indonesia tetapi juga sampai ke Singapura dan Macao.

Walaupun terinspirasi dari karakter Wonder Woman, tapi penampilan Sri Asih sangat berbeda dengan Wonder Woman. Penampilan dan kostum Sri Asih bergaya busana “berkemben” seperti dalam cerita perwayangan Indonesia dengan mahkota, kain sumping dan selendang.

Sri Asih memiliki kekuatan super yang dahsyat, bisa terbang secepat angin, kebal terhadap berbagai jenis senjata, dan ketika Sri Asih merasa agak kesulitan menghadapi musuhnya, ia bisa menggandakan (memperbanyak) dirinya atau bisa juga merubah ukuran tubuhnya menjadi besar.

Penulis: M Iswan
Foto: Istimewa