Penting Diperhatikan Bagi Anda yang Mudik Menggunakan Sepeda Motor

20-06-2017 07:06:37 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Seminggu jelang lebaran jumlah pemudik semakin bertambah, kementrian perhubungan bahkan memprediksi bahwa puncak arus mudik 2017 adalah 23 Juni mendatang. Bicara tradisi mudik, ada berbagai pilihan yang dipilih pemudik seperti menggunakan mobil pribadi, bus, pesawat, kereta hingga sepeda motor, nah kali ini kami akan mengulas tips aman bagi pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor.

Ada beberapa hal yang mendasari para pemudik memilih menggunakan sepeda motor, misalnya karena kampung halamannya terbilang dekat, menghindari macet, efisiensi biaya, bahkan juga keterbatasan angkutan umum di kampung halaman yang menyebabkan mobilitas pemudik sangat terbatas selama berada di kampung halaman.

Kendati  para pemudik pengguna sepeda motor memiliki alasan yang berbeda-beda, tentu saja faktor keamanan selama perjalanan tetap menjadi perhatian. Berikut tips bagi para pemudik pengguna sepeda motor agar aman dan meminimalisir berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. 

  1. Cek kendaraan secara menyeluruh dengan melakukan servis dan spare parts yang seharusnya diganti
  2. Bawa surat-surat kendaraan (SIM, STNK) dan pastikan semua dalam keadaan hidup guna menghindari tilang
  3. Gunakan perlengkapan motor seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, dll yang layak
  4. Bawa ban dalam cadangan (serep) mengingat diwilayah tertentu sangat sulit menemukan jasa tambal ban
  5. Siapkan kunci & alat penting seperti : obeng, kunci busi, pisau, gunting, tali
  6. Membawa jas hujan / rain coat
  7. Tidak membawa barang secara berlebihan
  8. Patuh berlalu lintas
  9. Mengingat mudik merupakan perjalanan panjang dan melelahkan maka sebaiknya anda beristirahat sejenak selama diperjalanan.

Semoga tips mudik pengguna sepeda motor diatas bermanfaat, keselamatan dan kenyamanan harus paling diutamakan, jangan sampai anda melewatkan momen bersilaturahmi karena hal-hal yang tidak diharapkan. "Selamat menikmati perjalanan mudik kalian"