Aplikasi Smartphone Untuk Mudik yang Bermanfaat Hindari Macet

19-06-2017 04:06:03 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | H-7 lebaran sebagian orang sudah ada yang pulang mudik ke kampung halaman, terutama yang menggunakan jalur darat atau menggunakan bus dan kendaraan pribadi. Langkah ini dilakukan agar tidak terjebak macet karena arus kendaraan yang bertumpuk pada saat menjelang hari raya atau puncak arus mudik.

Macet panjang memang selalu terjadi ketika arus mudik berlangsung. Ada yang bilang bahwa macet mudik itu adalah seni. Oke saja untuk orang muda yang punya fisik sehat dan prima, tetapi bagaimana dengan pemudik yang sudah berumur 60 tahun keatas alias sepuh, tak bisa dibayangkan.

Untuk berusaha menghindar dari kemacetan yang membuat tidak nyaman dan stress, mungkin saja dilakukan. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pemantau kemacetan yang bisa di install di smartphone. Berikut aplikasi yang bisa membantu Anda memantau titik kemacetan:

  1. Google Map

Aplikasi ini ada sebuah peta penunjuk jalan yang sekaligus menunjukkan jalur macet pada peta di layar smartphone Anda. Ketika Anda sudah menentukan daerah tujuan Anda, maka secara otomatis tampil juga kondisi jalan yang mengalami kemacetan dengan tanda merah. Aplikasi ini sudah terpasang jika smartphone Anda memiliki operating system Android.

  1. Lewat Mana

Aplikasi ini juga berfungsi memberikan informasi kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalan. Salah satu keunggulan aplikasi ini yaitu bisa mengetahui posisi berada dan kemudian bisa menyajikan informasi kondisi lalu lintas di sekitar Anda.

  1. TMC Polda Metro

Polda Metro Jaya melalui divisi Traffic Management Center Ditlantas memberikan informasi kepada masyarakat seputar kondisi ruas jalan secara real time atau langsung. Aplikasi ini memberikan data dan informasi kondisi jalan melalui pantauan kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga. Tidak hanya itu, juga ditampilkan informasi dari Twitter milik TMC Polda Metro. Di mana aktifitas di jejaring sosial ini terbilang update. Ini membuat informasi yang diberikan terbilang lengkap, seperti kondisi lalu lintas, kecelakaan, demontasi, kebakaran dan lainnya.

  1. Waze

Nah untuk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi mendengarnya. Apliaksi ini memberikan informasi berbagai kondisi jalan seperti situasi kemacetan, kecelakaan, keberadaan polisi dan kondisi jalan lainnya. Informasi yang diberikan ditampilkan dalam bentuk tampilan grafik pada peta digital dan berdasarkan laporan dari pengguna Waze lainnya. Selain digunakan untuk memantau kondisi jalan, waze juga sering digunakan sebagai penunjuk arah dalam perjalanan.

  1. JasaMargaLive

Aplikasi yang dibuat oleh Jasa Marga selaku pengelola jalan tol ini berfungsi memberikan kondisi beberapa jalur tol secara real time Informasi disajikan dalam bentuk teks dan juga tampilan video CCTV pada saat itu juga. Dengan begitu Anda bisa mengetahui di titik mana saja terjadi kemacetan di jalan tol. Sehingga bisa memilih jalur alternative.