Fakta Mengejutkan, Sebanyak 67 Bakteri Berada Pada Pusar Manusia

18-06-2017 08:06:49 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Mandi saja ternyata tidak cukup membuat tubuh terbebas dari bakteri pasalnya ada bagian-bagian pada tubuh yang sulit dijangkau dan dibersihkan pada saat mandi salah satunya adalah pusar.

Pakar kesehatan Alexandria Booth, M.D yang berasal dari Health Care Partners menyebutkan jika beliau pernah menemui pasien yang memiliki kotoran pada pusar yang ternyata tanpa Ia sadari tidak pernah dibersihkan dalam bertahun-tahun lamanya dan menyebabkan iritasi pada pusar yang cukup parah.

Selain adanya iritasi, peradangan juga bisa terjadi pasa pusar yang dalam dunia medis disebut sebagai omphaloliths atau umboliths. Booth menyebutkan jika ada penelitian yang mempelajari kebersihan pusar yang dilakukan oleh North Carolina State University dimana di dalam pusar sendiri kita bisa menemukan 67 jenis bakteri.

Yang menarik adalah, pusar memang cenderung sulit untuk dibersihkan dengan benar-benar bersih karena ada beberapa tempat yang sulit dijangkau saat dibersihkan. Serupa dengan Alexandria, menurut sebuah penelitian dari North Carolina State University, walaupun pusar Anda tidak tampak terlalu kotor, akan tetapi sebagian besar pusar “dipenuhi” dengan 67 jenis bakteri yang berbeda. Pusar yang jarang dibersihkan dapat mengeluarkan bau tidak sedap dan bahkan dapat mengalami infeksi. Infeksi pada pusar biasanya akan membuat kulit di area pusar dan sekitarnya menjadi kemerahan, gatal, dan tampak bersisik.

Selain itu, walaupun sangat jarang, terkadang dapat terjadi pertumbuhan suatu jaringan pada pusar yang berbentuk seperti batu. Jaringan ini disebut dengan omfalolit atau umbolit. Jaringan ini dapat tumbuh besar hingga menutupi seluruh pusar dan dapat mengalami infeksi, meradang, bahkan menjadi luka terbuka (ulkus).
Booth pun menyarankan kita untuk membersihkan kotoran pada pusar dengan rutin setidaknya setiap minggunya.

Penulis: M Iswan
Foto: Istimewa