6 Rekomendasi Tempat Wisata Sepanjang Jalur Mudik

17-06-2017 02:06:02 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Saat mudik  padatnya kondisi jalan, tentu akan menjadikan perjalanan menjadi sangat melelahkan bagi pemudik. Kemacetan sejauh belasan kilometer sudah umum terjadi. Tapi tak perlu khawatir menghadapi macet saat mudik. Anda bisa membelokan sedikit kemudi dan mencari suasana yang lebih asyik.

Tidak melulu harus beristirahat di rest area atau hanya sekadar pom bensin. Bila perjalanan mudik melalui jalur Pantura, Anda akan menemukan destinasi wisata yang bisa membuat pikiran lebih tenang. Anda beserta keluarga juga bisa singgah walau hanya sekadar makan atau mengendorkan otot yang lelah.

  1. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Kampung Batik Trusmi berada di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon, Jawa Barat. Saat musim mudik Lebaran atau liburan kampung pengrajin batik ini ramai dikunjungi wisatawan.Di Kampung Batik Trusmi pelancong akan disuguhkan beragam model batik dengan corak batik pesisir. Untuk urusan harga, batik Trusmi juga cukup bersahabat. Dengan membayar mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 300 ribu, Anda sudah bisa membawa batik Trusmi sebagai cinderamata untuk keluarga di kampung halaman.

Pemudik yang menuju daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, bisa menemukan Kampung Batik Trusmi bila melewati jalur Kota Cirebon. Dari jalan Tol Kanci yang ke arah Jawa Tengah, ataupun pertigaan Palimanan, Anda belok kiri ke arah Kota Cirebon. setelah bertemu perempatan Plered, Anda belok kiri lagi. Nah, kalau sudah melihat toko-toko batik di kanan dan kiri jalan, berarti Anda sudah sampai di Kampung Batik Trusmi.

  1. Pantai Alam Indah, Tegal

Memasuki daerah Tegal, Jawa Tengah, bila merasa lelah Anda bisa singgah sejenak di Pantai Alam Indah. Destinasi wisata dekat pusat Kota Tegal ini memiliki letak yang sangat strategis karena berada dalam jalur Pantura.Salah satu dari jejeran Pantai Utara ini, menyediakan panorama pantai yang apik. Deburan ombak yang besar dari Laut Jawa menjadi latar belakang yang memesona. Anda bisa bersantai di pinggir pantai, sambil mengendorkan otot-otot tubuh saat melakukan perjalanan menuju kampung halaman. Banyak hal yang bisa pelancong lakukan di sini, mulai dari bersantai di pinggir pantai, berenang, sampai bermain perahu menjelajah Pantai Alam Indah.

  1. Air Terjun Nglirip, Tuban

Selain telaga dan monumen, di sepanjang Pantura kita juga bisa mengunjungi air tejun yaitu Air Terjun Nglirip di Tuban. Air terjun di tempat ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelikingi oleh pemandangan yang hijau. Dengan mengunjungi tempat ini bisa jadi salah satu cara asyik menyegarkan mata dan badan. Itu dia enam tempat wisata di sepanjang jalur pantura yang bisa Anda kunjungi jika ingin mudik sambil traveling. Buatlah rencana yang matang dan tempat mana saja yang ingin dikunjungi sebelum melakukan keberangkatan.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah dan Lawang Sewu

 Tak lama setelah keluar dari Pekalongan, kamu akan memasuki daerah Semarang, ibukota Jawa Tengah. Sempatkan dirimu untuk melintasi pusat kota dan menyambangi bangunan bersejarah peninggalan kolonial bernama Lawang Sewu. Mengamati arsitekturnya yang klasik dan terawat sembari menjelajah dari ruangan ke ruangan lain bakal membuat perjalanan mudikmu gak membosankan.Satu lagi tempat yang wajib kamu kunjungi saat ke Semarang, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah yang sangat megah. Inilah masjid terbesar di Jawa Tengah yang berada di kota Semarang. Tak cuma beribadah shalat di sana, kamu juga akan dibikin kagum oleh arsitekturnya yang tiada duanya.

  1. Goa Maharani, Lamongan

 Pemandangan pantai di sepanjang jalan arteri Pantura dari Rembang sampai Tuban mungkin bikin kamu bosan. Makanya, saat sampai di Lamongan, lewatilah daerah pesisir utaranya dan sempatkan untuk mampir ke Maharani Zoo & Goa Lamongan alias Mazola. Di sini, kamu bisa bercengkerama dengan satwa-satwa penghuni kebun binatang ini. Tak cuma itu, jelajahi juga Goa Maharani, goa alam paling kece di Lamongan.Kalau masih punya banyak waktu, kawasan Wisata Bahari Lamongan juga boleh kamu singgahi. Kamu gak bakal nyangka kalau Lamongan punya kawasan wisata dengan wahana-wahana yang gak kalah menarik dari Dufan. Tapi, jangan sampai lupa kalau kamu lagi mudik ya.

  1. Batang Dolphin Center, Batang

Mudik dengan kendaraan pribadi bersama keluarga, terkadang bisa membuat si kecil jenuh atau rewel. Untuk pemudik yang ingin menuju ke daerah Semarang, Tuban, Surabaya, dan lainnya, bisa singgah ke Batang Dolphin Center di Batang, Jawa Tengah.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang, Anda berserta keluarga bisa beristirahat sambil menyaksikan atraksi lucu lumba-lumba yang ada di Batang Dolphin Center. Selain sebagai pusat pelestarian lumba-lumba, Batang Dolphin Center juga menjadi destinasi wisata yang seru.

Untuk sampai di Batang Dolphin Center, dari Jalan Raya Pantura Anda bisa menjadikan alun-alun Batang sebagai patokan. Sekitar 10-15 meter dari alun-alun, Anda sudah tiba di Batang Dolphin Center.

Penulis: zacrafter
Foto: istimewa