Ternyata Sebutan Nama ‘INDONESIA’ Lahir Dari 2 Pria Asal Inggris

16-06-2017 10:06:32 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Jika ditanya apa itu Indonesia, tentu semua orang di berbagai belahan dunia sepakat kalo Indonesia itu adalah nama sebuah negara republik di benua Asia yang ber-ibukotakan Jakarta, berbendera Merah-Putih dengan lambang negara Burung Garuda, dan saat ini dipimpin oleh presiden Ir. Joko Widodo sebagai kepala negara.

Namun, apa semua orang tahu sejarah lahirnya nama ‘INDONESIA’ itu sendiri, atau jangan-jangan kalian sendiri sebagai warga negara Indonesia juga belum mengetahui? Seperti yang dikatakan presiden RI pertama Ir. Soekarno “Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Tidak Pernah Melupakan Sejarah Bangsanya Sendiri” . Berikut sejarah lahirnya nama Indonesia.

Nama Indonesia muncul dalam dunia ilmu pengetahuan. pada sebuah tulisan ilmiah dari seorang warga Inggris bernama George Samuel Windsor Earl. Earl seorang ahli ethnologi yang meneliti bangsa yang berada di Kepulauan Nusantara. Ia menyebut bangsa yang tinggal di kepulauan tersebut dengan nama Indu-nesian dan Melayunesians pada tulisannya yang ia buat tahun 1835 hingga 1850.

Lalu kemudian seorang Inggris lainnya yang bernama James Richardson Logan pada tahun 1850 menulis suatu karangan ilmiah yang berjudul The Ethnology of The India Archipelago dalam suatu jurnal dengan nama Journal of The Indian Archipelago and Eastern. Dalam karangannya tersebut ia menyebut Kepulauan Nusantara dengan nama Indonesia.

Kata Indonesia berasal dari bahasa Latin : Indo dan Nesioi. Indo berasal dari kata Indus yang berarti Hindia. Nama ini diberikan oleh para penjelajah asal Eropa generasi awal untuk daerah yang terbentang dari Persia dan Tiongkok. Nesioi bentuk jamak dari Nesos yang berarti pulau-pulau. Jadi Indonesia berarti pulau-pulau Hindia. Sementara nama Adolf Bastian yang merupakan guru besar etnologi di Universitas Berlin hanya merawat dan mengenalkan nama Indonesia ke seluruh dunia.

Penulis: M Iswan
Ilustrasi: Istimewa