Seberapa Penting Medical Check Up?

16-06-2017 02:06:43 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Kesehatan penting artinya bagi kehidupan setiap orang. Apalagi semua aktivitas kehidupan bergantung pada kondisi tubuh yang sehat. Karena itu, penting melakukan Medical Check Up (MCU) secara berkala guna mengetahui secara dini penyakit yang ada di dalam tubuh.

Melakukan Medical Check Up (MCU) secara berakala memang sangat dianjurkan untuk mengetahui apakah tubuh “sehat atau tidak”. “Melakukan MCU memang sangat penting. Dengan MCU, kita akan tahu kondisi kesehatan kita saat dan mencegah sejak awal jika kita terdiagnosa mengidap suatu penyakit tertentu,” ucap dr. Yayan Gusman, AAAK, dari Klinik RHC, Buncit, Jakarta Selatan kepada redaksi.

Diagnosa penyakit memang akan diketahui begitu MCU selesai dan hasilnya keluar. Mulai dari penyakit jantung, ginjal, paru, hati, dan penyakit lainnya bisa terditeksi secara dini. “Jadi selain mengetahui keadaan kesehatan saat ini, tentunya dengan melakukan MCU, akan terdeteksi sejak dini pula bila ditemukan berbagai macam penyakit. Dari situ nanti akan diberikan solusi untuk langkah terbaik dalam penanganan yang lebih dini. Kesimpulannya, MCU ini untuk mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengobatan selanjutnya.” terangnya.

Karena itulah, pria yang juga bekerja di Kementrian Kesehatan RI ini mengaku, melakukan MCU secara rutin sangat dianjurkan. Apalagi jika usia Anda sudah menginjak 40 tahun ke atas. “Karena di usia itu banyak faktor resiko yang muncul terkait usia. Tapi bukan berarti baru usia 40 kita baru melakukan MCU. Lebih awal akan lebih baik,” paparnya.

Pasangan yang akan melangsungkan pernikahan juga sangat dianjurkan untuk melakukan MCU sebelum menikah. Ini berguna untuk mengetahui berbagai penyakit mulai dari penyakit menular seksual, hepatitis , hingga penyakit infeksi lainnya yang mungkin akan berakibat buruk pada janin jika hamil nanti. “Dengan MCU, kita juga jadi tahu apakah pasangan mereka ini baik atau tidak jika dilihat dari kesehatannya. Ini juga dan bisa mencegah penyakit ditularkan atau menyikapi faktor keturunan yang akan memepengaruhi kehidupan nantinya seperti riwayat alergi, buta warna, penyakit gula, dan lainnya,” ucapnya.

Kesadaran Melakukan MCU

Kesadaran masyarakat untuk melakukan MCU memang terbilang kurang. Tak jarang, hal ini dikarenakan masyarakat takut dengan hasil dari MCU itu sendiri. “Sebagian memang ada yang seperti itu. Kemungkinan karena ketidaktahuan dan kurangnya informasi mengenai pentingnya melakukan MCU. Ada juga dari mereka yang merasa dirinya sehat-sehat saja sehingga tidak perlu MCU,” paparnya.

Ketakutan masyarakat untuk melakukan MCU memang beragam. Selain hal yang disebutkan dr. Yayan, masyarakat juga memiliki anggapan mengenai harga dari MCU itu sendiri.Masyarakat juga beranggapan bahwa untuk melakukan MCU harus mengeluarkan uang yang banyak. “Sebagian lain juga ada yang khawatir dengan biaya paket MCU yang tidak ramah di kantong,” terangnya.

Karena itulah,dr Yayan mengaku, membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan MCU harus dilakukan. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai segala hal tentang MCU. Memberikan pemahaman mengenai pentingnya melakukan MCU sedini mungkin demi kesehatan itu sendiri. “Dan sellain sosialisasi dari bagian promosi pemberi pelayanan kesehatan, juga dengan mengajak masyarakat untuk hadir pada acara-acara talkshow mengenai pentingnya medical check up. Bahwa kesehatan itu mahal dan jagalah kesehatan anda seoptimal mungkin,” tutupnya.

Penulis: zacrafter
Foto: istimewa