Tidak Hanya Enak, Kolang Kaling Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

13-06-2017 05:06:13 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Makanan yang satu ini sangat populer pada saat bulan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri. Kolang kaling banyak dikonsumsi masyarakat dengan dibuat kolak, olahan es buah atau minuman dingin untuk berbuka puasa. Sedangkan pada saat hari raya Idul Fitri, kolangnkaling biasanya dibuat manisan dengan warna warni menarik.

Kolang kaling dibuat dari biji buah aren. Untuk menghasilkan kolang kaling, buah aren haruslah dibakar terlebih dahulu sampai hangus, setelah itu buah aren dikupas untuk diambil bijinya dan direbus sampai beberapa jam. Kemudian biji yang direbus itu direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasi.

Buah aren yang diambil untuk dijadikan kolang kaling tidak bisa terlalu tua ataupun terlalu muda. Karena jika buah aren terlalu tua akan menghasilkan kolang kaling yang keras, sebaliknya jika terlalu muda maka kolang kaling menjadi sangat lunak dan sulit diolah.

Kolang kaling memiliki kadar air yang tinggi hingga mencapai 93,8% dan juga kaya akan kandungan mineral seperti potassium, iron serta kalsium yang bisa menyegarkan tubuh juga baik bagi metabolism.

Buah yang bertekstur padat dan kenyal ini memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B, Vitamin C serta kabrohidrat. Maka tak heran jika setelah mengkonsumsi kolang kaling akan terasa kenyang.

Tidak hanya sebagai camilan yang enak, namun kolang kaling juga memilki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari kolang kaling bagi kesehatan:

  1. Mencegah sembelit
  2. Mengobati radang sendi
  3. Meningkatkan energy
  4. Menjaga kesehatan tulang
  5. Menurunkan berat badan
  6. Mencegah osteoporosis
  7. Mencegah Sariawan
  8. Menurunkan kadar gula darah
  9. Mengatasi asam urat
  10. Meremajakan kulit