Tak Hanya Enak, Berikut Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

13-06-2017 04:06:00 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Masih dalam suasana berpuasa, cukup beragam sajian khas yang umumnya kita jumpai menjelang waktu berbuka puasa dan salah satunya adalah 'Sup Buah'. Namun, kali ini kita akan mengupas manfaat dari salah satu buah yang menjadi pelengkap sup buah yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat yakni Timun Suri.

Timun Suri merupakan  tumbuhan semusim penghasil buah anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Buahnya yang setengah masak biasa dijual secara musiman pada bulan puasa (Ramadan) karena daging buahnya menjadi komponen minuman penyegar untuk berbuka puasa. Meskipun demikian, timun suri bukanlah tanaman musiman karena dapat ditanam kapan saja.

Tak hanya enak, berikut berbagai manfaat dari buah yang memiliki rasa mirip dengan blewah ini, berikut manfaatnya :

Anti-kanker : Timun Suri berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Hal tersebut karena kandungan saponin yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Sumber Antioksidan : Antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit mematikan. Dan timun suri sarat dengan beragam jenis antioksidan seperti vitamin A, B, C, magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Mempertajam daya ingat : Kalau Anda sedang hamil, maka manfaat timun suri satu ini juga berlaku untuk buah hati yang sedang tumbuh dalam kandungan. Ya, timun suri dapat membuat otak janin menjadi cerdas.

Baik untuk kesehatan ginjal : Banyaknya kandungan air dalam buah ini membuat proses buang air kecil lancar. Oleh sebab itu, buah ini merupakan salah satu obat diuretik alami yang dapat diandalkan.

Melancarkan proses detoksifikasi : Manfaat timun suri berikutnya ini sungguh terpuji karena mampu melancarkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Salah satu ‘racun’ yang dapat dibasmi oleh buah ini adalah cacing pita.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi : Kandungan potasium, serat, saponin, dan magnesium dalam timun suri bekerja bersama-sama menjaga kestabilan tekanan darah sehingga baik hipertensi maupun kolesterol jahat jadi berkurang karenanya.

Menyehatkan gigi dan mulut : Saat mengunyah potongan buah timun suri mentah, produksi air liur akan meningkat sehingga pH rongga mulut jadi netral. Oleh sebab itu, manfaat timun suri bagus untuk Anda yang sedang sakit gigi atau menderita radang gusi.

Selain manfaat-manfaat diatas, kandungan nutrisi pada Timun Suri juga berguna untuk meregenerasi sel tubuh yang rusak serta Banyaknya kandungan air dalam buah ini membuat proses buang air kecil lancar. Oleh sebab itu, buah ini merupakan salah satu obat diuretik alami yang dapat diandalkan.