Wine, Antara Gaya Hidup dan Mitos Kesehatan

11-06-2017 02:06:33 By Ganest Afliant
img

Dengan rasanya yang unik dan khas, wine berhasil memikat banyak orang untuk meneguknya dan menjadikannya bagian dari gaya hidup kaum urban. Tidak heran jika wine memang kerap dianggap sebagai minuman kelas atas lantaran harganya yang cenderung tinggi. Namun, dibalik itu semua, wine ternyata minuman yang memiliki manfaat kesehatan. Benarkah demikian?

JakartaVenue | Seiring perjalanan waktu, wine pun sering digunakan untuk merayakan suatu momentum, keberhasilan ataupun kemenangan. Karena, kata wine sendiri diambil dari bahasa Inggris tua, yaitu win, yang berarti “menang”. Faktor inilah yang menjadikan masyarakat modern justru menganggap wine merupakan bagian dari gaya hidup kaum urban yang kerap merayakan kesuksesan.

Adanya mitos yang menyatakan bahwa minum wine dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari berbagai penyakit menjadikan wine diberi julukan sebagai French Paradox. Oleh karena itu, berbagai penelitianpun dilakukan. Dan hasilnya, wine merah mengandung senyawa fenol atau flavonoid yang mempunyai efek kardioprotektif (melindungi jantung dari serangan radikal bebas).

Flavonoid terbukti mempunyai efek biologis yang sangat kuat sebagai antioksidan, menghambat penggumpalan keping-keping sel darah, merangsang produksi oksidasi nitrit yang dapat melebarkan pembuluh darah, dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Agnes Rimando dari Natural Products Utilization Research Unit, Oxford, Mississippi, pada wine ditemukan senyawa pterostilbene (terro-STILL-bien) yang memiliki kemampuan mencegah kanker sama kuatnya dengan resveratrol. Pterostilbene juga menunjukkan daya hambat yang kuat melawan kanker payudara dalam sel.

Bagaimana dengan wine putih ? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. J. Keul dan Dr. D. König dari University of Freiburg menunjukkan bahwa konsumsi wine putih secara signifikan dapat mereduksi Kolesterol LDL, fibrinogen, gula darah dan mengurangi berat badan jika dikonsumsi selama 4 minggu. Berdasarkan penelitian di University of Buffalo, wine putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru, lebih efektif daripada wine merah.

Meskipun wine mempunyai manfaat yang luar biasa, konsumsinya sebaiknya tidak berlebihan. Selain menyebabkan ketergantungan, kadar alkohol pada wine juga dapat menyebabkan gangguan hati dan tekanan darah tinggi.

Komposisi Gizi Wine

Dilihat dari komposisi gizinya, wine termasuk minuman yang mempunyai kandungan gizi yang cukup baik. Kandungan energi pada wine sangat bervariasi, tergantung jenisnya, yaitu antara 50-160 kkal/100 g. Energi pada wine umumnya berasal dari karbohidrat, terutama gula.

Kandungan mineral yang cukup berarti pada wine adalah: kalium (antara 80 – 112 mg/100 g), kalsium, fosfor, magnesium, besi, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Kandungan natrium pada wine umumnya rendah, kecuali pada cooking wine yang sebaiknya tidak digunakan untuk masakan bagi penderita hipertensi karena kandungan natriumnya yang cukup tinggi, yaitu 626 mg per 100 g.

Wine Corner di Jakarta

Bagi Anda pecinta wine di Jakarta, nampaknya bisa langsung hangout ke wine corner berikut ini!

Decanter adalah sebuah wine house yang memberikan suguhan menarik, mulai  menikmati makanan lezat khas pedesaan, berbagai macam wine, hingga events seperti wine tasting dan demo masak bersama selebriti tersaji di sini.

Vin+. Setelah sukses besar di Kemang dan Arcadia Plaza Senayan, Vin+ berekspansi ke Central Park dan pulau Bali. Dengan reputasi sebagai salah satu wine bar pertama di Jakarta dengan harga terjangkau bagi semua kalangan, sebagai trend setter gaya hidup minum wine.

Cork & Screw. Dengan cepat berhasil mengambil perhatian para pecinta wine. Alih-alih menghadapi kemacetan di Jakarta, Cork & Screw bisa menjadi pilihan untuk Anda mengisi waktu sembari menikmati pemandangan yang cukup langka didapat dari sebuah wine house.

Social House. Semuanya ada di sini dimulai dari pilihan wine yang sangat beragam, makanan yang lezat hingga suasana yang nyaman dengan view langsung ke Bundaran HI dari lantai atas Grand Indonesia.

Penulis: zacrafter
Foto: istimewa