The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017, Indahnya Bermusik Sambil Berbagi

11-06-2017 02:06:54 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | “The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017” yang  telah digelar pada tanggal 09 - 10 Juni 2017 kemarin, bertempat di Plaza Masjid Cut Meutia tetap mengusung konsep tanda masuk dengan donasi. Adapun kali ini, kegiatan yang sejak tujuh tahun lalu, merupakan hasil kerjasama Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) dan WartaJazz.

WartaJazz adalah sebuah eco-system Jazz Indonesia yang juga menyelenggarakan sejumlah Festival Jazz lain seperti Maratua Jazz & Dive Fiesta, Maumere Jazz Fiesta, Flores, Reyog Jazz Ponorogo dan berbagai kegiatan lainnya ini menghadirkan banyak musisi Jazz dengan berbagai latar belakang – menyediakan ragam donasi yang diharapkan bisa menjadi pilihan para pengunjung yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan dua malam mini.

Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF menjelaskan, “Konsep Donasi ini merupakan perwujudan dari Sedekah untuk sesama”. Donasi tahun ini akan dialokasikan untuk sumbangan alat tulis, seragam sekolah, serta perlengkapan sekolah lainnya untuk siswa/I Madrasah Ibtidaiyah Hidayatysshibyan di Tangerang serta bekerja sama dengan pihak 1000 Guru.

Dalam Jumpa pers yang telah diadakan sebelumnya yang dihadiri Sukarno Hatta ketua Ricma, Muhammad Sofyan ketua Gema Ramadhan, dan Amira Aziza Audi Vice Project Officeer RJF 2017 menyampaikan bahwa mekanisme untuk penonton menghadiri kegiatan ini tidak berubah, yaitu dengan metode donasi. Namun demikian, untuk memudahkan penonton yang tidak sempat membawa buku, tersedia pilihan donasi melalui GoersApp dan crowdfunding atau situs berbagi, Kitabisa.com.

Selain itu tersedia pula donasi tersebut dalam bentuk lain yakni Donor Darah, Donasi Al-Quran/Juz Amma, Donasi buku atau mainan anak-anak atau donasi dalam bentuk uang cash yang pilihannya beragam mulai dari melalui KitaBisa.com, GoersApp ataupun yang langsung di lokasi kegiatan Ramadhan Jazz Festival (on the spot).

Sebagai catatan, penyelenggraan Ramadhan Jazz Festival tahun 2016 lalu berhasil dikumpulkan 68 kantong darah yang disalurkan kepada PMI, serta dana infaq mencapai Rp. 32.000.000 yang berasal dari tiket masuk (donasi) pengunjung. Sedangkan untuk tahun ini data masih menunggu laporan hasil acara yang baru saja selesai.