7 Taman Kota yang Asyik Untuk Ngabuburit

09-06-2017 02:06:39 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Jakarta memang di kenal sebagai kota yang padat, penuh dengan gedung pencakar langit. Belum lagi polusi yang selalu dialami setiap hari. Hal ini kadang membuat tinggal di Jakarta begitu sumpek.

Namun di tengah kepadatan, polusi, dan berbagai masalah lingkungan di Jakarta, kota ini tetap memiliki sejumlah taman rindang yang menyegarkan. Letaknya pun mudah diakses, baik oleh kendaraan umum maupun pribadi.

Dijamin, saat menghabiskan waktu di taman ini, pikiran akan akan menjadi segar dan stress bisa langsung sirna. Apalagi di setiap taman yang ada di Jakarta itu memiliki keunikan masing-masing.

Berikut daftar taman asek yang bisa jadi opsi tempat ngabuburit.

  1. Taman Menteng, Jakarta Pusat

Menikmati sore menjelang malam di Taman Menteng adalah kegiatan yang seru. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan hijau di Taman Menteng. Tenang saja, Anda tidak akan kesepian di sini, sebab biasanya ada banyak sekali orang yang melakukan kegiatan yang sama.

Jika ingin berolahraga, Taman Menteng adalah lokasi yang tepat. Di sini tersedia lapangan bola basket, lapangan futsal, dan trek untuk bersepeda atau berjalan kaki. Saat azan berkumandang, pastikan Anda sudah berburu kuliner di bagian belakang taman. Ada banyak pilihan makanan yang bisa Anda pilih dan nikmati di sini.

  1. Taman Prasasti

Aslinya, tempat ini merupakan pemakaman warga negara asing pada era kolonialisme Belanda yang yang oleh pemerintah kini dijadikan cagar budaya. Jika Anda besar di era 1990-an, tentu tidak asing setelah menyaksikan taman ini. Itu karena, Taman Prasasti ini dikenal luas setelah menjadi latar dalam video klip Base Jam berjudul "Bukan Pujangga".

Oh ya, dibanding keenam taman lainnya, untuk masuk ke Taman Prasasti ini pengunjung harus beli tiket. Tapi, tenang... Tidak mahal, cukup Rp 2.000 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 bagi mahasiswa, pelajar, atau anak. Salah satu keunikan taman ini meski tidak bisa dipakai untuk berolahraga adalah tapak tilas akan peradaban lampau. Maksudnya? Silakan artikan sendiri jika Anda sudah mengunjunginya.

  1. Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman kota yang berada di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat ini memang rutin dijadikan lokasi ngabuburit yang asyik. Taman Suropati adalah taman kota dengan pohon-pohon rindang dan suasana tenang di sekitarnya.

Biasanya banyak pengunjung taman yang merupakan komunitas-komunitas seni unjuk kebolehan di sini. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai tontonan seru saat menunggu waktu berbuka puasa.

Sambil ngabuburit, Anda juga bisa menyehatkan tubuh. Di taman kota ini terdapat jogging track yang terbuat dari batu alam. Cocok untuk refleksi tubuh.

  1. Taman Kota Tomang, Jakarta Barat

Di kawasan Jakarta Barat, Anda juga bisa menemukan taman kota yang asyik untuk tempat ngabuburit. Tepatnya di Taman Kota Tomang, Grogol, Jakarta Barat. Taman ini memang terasa cukup asing di telinga, namun taman kota ini akan menawarkan suasana sejuk dan tenang.

Taman yang memiliki medan berundak yang diselimuti rumput hijau ini memiliki beberapa danau buatan yang tenang. Ada bangku dari semen yang bisa Anda jadikan tempat bersantai. Atau, jika ingin lebih dekat dengan alam, Anda bisa duduk di bawah pohon yang ada di tepi danau. Menikmati semilir angin yang menggoda pepohonan hijau sungguh membuat perasaan lebih rileks dan tentunya membuat lapar saat puasa tidak akan terasa.

  1. Taman Langsat Barito, Jakarta Selatan

Tidak banyak warga Jakarta yang tahu jika di daerah Jakarta Selatan ternyata ada satu kawasan ruang terbuka hijau yang cukup menjanjikan kesegaran. Setidaknya nyaman untuk dikunjungi setiap akhir pekan. Taman Langsat, sesuai namanya berlokasi di Jalan Langsat ini sangat cocok sebagai tempat olahraga, karena tersedia jogging track sepanjang 750 meter dengan lebar 2 meter, serta menjadi tempat piknik seru di akhir pekan atau hari libur bersama keluarga.

Untuk mencapai ke taman ini, cukup berpatokan pada pasar burung Barito. Juga tidak jauh dari Mayestik dan Blok M. Dengan luas 3,6 hektar, taman Langsat sangat menyegarkan dikunjungi di pagi hari. Masih bisa terdengar suara burung dan kupu-kupu yang biasanya banyak di taman ini.

  1. Taman Cattleya

Ada yang mengenal Taman Cattleya? Saya saja sebagai warga Jakarta yang setiap hari melewati jalur Gatot Subroto-S.Parman, harus muter-muter mencari taman ini. Tahun lalu, bahkan sempat nyasar di belakang Mal Taman Anggrek yang mengarah ke Joglo dan juga Kemanggisan. Beruntung, ada tukang ojek yang memberi tahu lokasinya yang ternyata di depan samping lampu merah Tomang.

Di Taman Cattleya ini juga ada danau, trek joging, deretan bunga, buah, dan sebagainya. Menurut saya, ini -mungkin- taman terluas yang ada di Jakarta. Nyaris butuh satu jam untuk mengelilingi kompleks yang sekila mengingatkan saya pada film kartun Candy-candy.

  1. Taman Ria Rio

Bergeser ke Jakarta Timur, para warga biasanya menghabiskan sore hari unuk bersantai di Taman Ria Rio. Taman yang terletak di kawasan Kayu Putih, Pulo Gadung ini dilengkapi dengan fasilitas arena lari dan area wifi.

Para pengunjung taman dapat melihat bangau-bangau putih yang menghuni waduk Ria Rio. Serta melihat secara langsung pohon Baobab yang tumbuh di tengah-tengah taman.

Pohon Baobab (Adansonia digitata) adalah pohon berusia ratusan tahun yang batangnya menyimpan air. Sementara buah dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Pohon Baobab bisa mencapai tinggi 30 meter dengan diameter batang hingga 7 meter.

Setelah lama tak terurus, kondisi taman diperbaiki kembali saat masa kepemimpinan Gubernur Joko Widodo. Di tempat ini dibangun pula arena melingkar yang menyerupai amphitheater dan banyak dimanfaatkan untuk pertunjukan musik.