Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

08-06-2017 03:06:32 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Salah satu permasalahan yang identik ketika berpuasa bagi sebagian besar orang adalah bau mulut yang tidak sedap yang membuat seseorang kurang percaya diri ketika berbicara. Beberapa faktor penyebab hal ini terjadi adalah adanya bakteri yang menghasilkan gas sulfur, tidak memproduksi gas savila dan memiliki penyakit diabetes serta maag. 

Tanpa konsumsi makanan dan minuman secara teratur di siang hari, produksi air liur (saliva) di mulut akan berkurang, dan produksi air liur yang berkurang juga membuat bakteri lebih cepat tumbuh. Dr.Rana Al Thib dari Dubai Healthcare City menyampaikan, "Saliva merupakan pelembab mulut sekaligus pelawan bakteri. Kalau produksinya sedikit, lidah dan mulut akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri." 

Lalu bagaimana cara mengatasi bau mulut ketika berpuasa,? berikut tips cara mengatasinya ;

  1. Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya.
  2. Hindari makanan berbau tajam. Makanan dengan bau yang tajam akan dengan mudah untuk menyebabkan terjadinya bau mulut. Dengan demikian hendaknya mulailah dengan menghindarinya baik saat sahur atau pun berbuka.
  3. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  4. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.
  5. Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  6. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Apabila Anda sudah menerapkan cara diatas namun bau mulut tak kunjung hilang, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter, bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.