Museum vs Mall, Pilih Mana?

07-06-2017 03:06:43 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Salah satu kegiatan favorit anak muda di Jakarta jaman sekarang adalah hangout. Biasanya, mereka melakukan kegiatan ini di mall. Di tempat ini, mereka bisa nonton bioskop, nongkrong di kafe, belanja, ngecengin orang-orang yang kece, sampai nyari Pokemon. tapi yang satu ini juga tidak kalah kekinian.

Yap hangout di museum. Mungkin kamu yang lahir di zaman orde lama, merasa bosan keluar masuk Museum, tapi zaman sekarang jiwa nasionalisme anak-anak sepertinya sedang berkembang, ya walaupun dari alih-alih mau tau dan jadi tempat narsis, itu bukan jadi salah satu alasan buat kamu untuk tidak mengunjungi Museum.

Pengalaman studi wisata zaman sekolah juga pasti membekas. Ya, museum memang kerap diidentikkan dengan benda-benda tua, dan yang bisa kita lakukan di sana menyusurinya. Informasi yang diberikan pun terlihat kurang menarik. Hal inilah yang membuat anak muda malas mengunjungi museum. Tapi Anda mungkin harus mengubah pendapat tentang museum sekarang ini. Banyak museum yang mampu membuat Penghuni Kampus tercengang kagum. Museum dengan konsep modern yang memberikan informasi secara atraktif tidak hanya ada di luar negeri.

Jumlah

Di Jakarta, jumlah museum kalah telak dari mall. Jakarta Cuma punya 55 bangunan museum sedangkan mall jumlahnya mencapai lebih dari 170. Bahkan jumlah mall di Jakarta ini disebut sebagai yang terbanyak di dunia. Jadi kalau dilihat dari jumlahnya, maka hangout di mall itu lebih asik karena gampang bangunannya ada dimana-mana. Jadi gampang di akses.

Fasilitas

Di mall, banyak banget fasilitas yang bisa di dapat kayak toko, bioskop, sampai tempat nongrong yang cozy banget. Jadi kalau buat hiburan, jelas mall jadi pilihan paling Asik. Tapi di museum, ada fasilitas yang gtidak bisa di dapat di mall kayak foto-foto bersejarah, patung, dan benda-benda lainnya. Jadi untuk menambah wawasan, museum lebih asik buat dipakai hangout.

Harga

Masuk mall itu gratis, tapi  pengunjung tidak bisa bawa pulang apa-apa kalau tidak mau mengeluarkan uang yang banyak. Sedangkan masuk museum itu ada yang berbayar. Tapi meskipun bayar, pengunjung bisa bawa pulang wawasan baru. Lagian bayarnya tidak mahal.

Output

Di mall, kita dapat menemukan barang-barang modern,namun begitu keluar dari mall, kesan dan pesan apa yang bisa kita dapatkan? Tidak jarang, manusia ke mall,hanya untuk membuang waktu, melihat-lihat ke toko baju, namun ujung-ujungnya tidak jadi membeli karena "Mahal" .

Sedangkan di Museum, walau kita hanya melihat-lihat, namun begitu ke pintu keluar, kita membawa sesuatu di pikiran dan emosi kita, serta biaya untuk masuk Museum jauh lebih Murah, situasi di Museum saat ini juga sudah tidak seram, tidak gelap, atau panas seperti yang kita bayangkan dahulu.

Jadi pada intinya, museum itu tidak kalah asik dibanding mall buat di pakai hangout. Makanya, gak ada alasan lagi buat Anda tidak berkunjung ke museum. Bonusnya, disini pengunung juga bisa foto-foto sama benda-benda bersejarah. (*)

Penulis: zacrafter
Ilustrasi: thefoodescape