Ini Rahasia Memilh Kurma yang Baik

04-06-2017 05:06:04 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue| Disaat bulan Ramadan ini, buah kurma sangat mudah dan banyak dijumpai dimana pun kita berada. Selain anjuran dari Nabi Muhammad SAW tentang berbuka puasa dengan buah kurma, buah yang berasal dari tanah Persia ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah yang dalam bahasa Arab bernama Tamr ini memang banyak memiliki manfaat bagi tubuh, tapi kita perlu hati-hati dalam membelinya, sebab ada saja pedagang yang nakal juga tidak menjaga kebersihan hingga merusak kualitas dari kurma itu sendiri.

Agar dapat merasakan manfaat yang maksimal dari buah kurma, maka haruslah mendapat yang berkualitas baik pula. Bagaimana agar mendapat buah kurma dengan kualitas yang bagus? berikut cara memilih buah kurma:

Amati Kulit Buah

Pertama dalam memilih buah kurma yang baik adalah kuit buahnya, karena sangat mudah untuk dilihat. Buah kurma yang baik memiliki permukaan yang mulus atau utuh dan tidak rusak serta tidak berlubang.

Lihatlah Warna Buah

Sebaiknya tidak memilih buah kurma yang berwarna terlalu merah sehingga terlihat hitam, jika menemukan kurma dalam kondisi tersebut maka bukanlah kurma yang baik. Pilihlah kurma yang berwarna coklat, merah dan kekuningan.

Perhatikan Tekstur

Kurma dengan kualitas baik jika dipegang tidaklah lengket. Karena jika lengket, buah kurma telah diberi pemanis buatan atau direbus dengan air gula.

Pilihlah Kurma yang Padat

Kurma yang bagus adalah padat dan berisi. Pilihlah buah kurma yang besar, karena jika kecil kemungkinan besar kurma sudah lama dan mengering