Seperti Apa Sih Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Saat Berpuasa?

02-06-2017 11:06:01 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Berpuasa selain menjalankan ibadah juga sangat baik bagi kesehatan. Namun yang namanya perubahan dalam pola makan atau waktu makan bisa saja berdampak pada kesehatan. Hal inilah yang harus kita waspadai supaya niat ibadah kita tidak terganggu dan kesehatan kita juga aman.

Seperti apa saja gangguan kesehatan tersebut? Baiklah tim JakartaVenue akan membantu JV Readers sekalian melihat beberapa masalah yang dapat timbul dan menggaganggu kesehatan, sebagai berikut;

Masalah pencernaan

Pencernaan atau perut adalah gejala yang sering timbul saat orang menjalankan puasa. Masalah pencernaan ini antara lain seperti maag, asam lambung, nyeri ulu hati, dan sebagainya.

Tekanan darah dan gula darah tidak stabil

Saat berpuasa perut akan istirahat bekerja, begitu juga asupan oksigen dan nutrisi agak terhambat. Hal ini akan memicu kerja otak, jantung, dan paru-paru yang dapat setiap saat menimbulkan berbagai masalah seperti tekanan darah dan gula darah tidak stabil. Selain itu emosi dan stamina juga ikut terpengaruh.

Kekurangan cairan tubuh

Bukan hanya nutrisi saja yang berpengaruh bagi kesehatan, cairan tubuh juga dapat menimbulkan pengaruh yang besar seperti sembelit, dehidrasi dan bibir kering atau pecah-pecah.

Infeksi saluran pernafasan

Kekurangan asupan makanan dan minuman selama berpuasa juga dapat menyebabkan nafas tidak segar atau bau mulut.

Inilah beberapa masalah yang sering timbul saat bulan puasa atau saat seseorang menjalankan ibadah puasa. Bagaimana mengatasi hal ini? Beberapa saran yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ; jaga kesehatan dengan baik, perhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi baik waktu sahur maupun berbuka puasa, hindari konsumsi makanan yang berbau menyengat, dan perbanyak asupan nutrisi, cairan dan serat. Nah JV Readers, dengan memperhatikan masalah dan cara mengatasinya mudah-mudahan ibadah puasa yang dilakukan dapat berjalan lancar dan kesehatan tidak terganggu. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kiranya JV Readers sekalian dapat menunaikannya dengan baik dan memperoleh berkah yang melimpah di hari yang Fitri nanti. Amin!!!