Keputusan Francesco Totti  Sukses Membuat Publik Italia Melow

30-05-2017 10:05:11 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Tak banyak bintang lapangan hijau yang konsisten membela satu tim, terlebih jika diminati banyak klub karena kepiawan mengolah si kulit bundar. Nama Francesco Totti eks Captain klub AS Roma (Serie A). Pemain berjuluk ‘Prince Of Rome’ ini memutuskan untuk gantung sepatu (pensiun) di usianya yang ke-40 tahun.

Totti menjalani laga terakhirnya bersama Roma dengan jadi pemain cadangan saat menjamu Genoa di Stadion Olimpico, Minggu (28/5/2017). Dia baru tampil di menit ke-54 menggantikan Mohamed Salah. Perayaan perpisahan Totti pun dilakukan Roma usai duel pamungkas Serie A musim ini hadapi Genoa. Momen itu berlangsung amat emosional, disertai tangis puluhan ribu Romanisti di Olimpico Roma dan Totti sendiri.

 “Momen yang tidak pernah saya inginkan ini akhirnya datang juga. Dalam beberapa hari terakhir ada banyak hal yang dibicarakan mengenai saya dan tentunya semuanya bernada bagus. Kalian semua berada di belakang saya, selalu memberikan dorongan di masa sulit, dan itulah kenapa saya mengucapkan terima kasih pada kalian semua," ungkap Totti dalam pidatonya.

"Tidak mungkin menjelaskan masa selama 28 tahun [sejak membela Roma Primavera] hanya ke dalam beberapa kalimat. Saya ingin mengungkapkannya melalui lagu atau puisi namun saya tidak ahli dalam hal itu. Saya mencoba mengekspresikan semuanya dengan kaki saya karena hanya dengan cara itu semua terasa lebih mudah. Sepakbola adalah mainan saya sejak kecil dan sampai sekarang saya masih memainkannya.

"Tapi dalam titik tertentu, Anda harus menyadari bahwa waktu itu [untuk pergi] telah tiba. Itulah kenapa saya membenci waktu. Sama halnya dengan momen pada 17 Juni 2001 [ketikaTotti membawa Roma Scudetto] dimana saya ingin wasit segera meniup peluit akhir pertandingan dan saya masih merinding jika mengingat momen tersebut,” tambah Totti.

Francesco TottiUfficiale OMRI,(lahir di RomaItalia27 September 1976; umur 40 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Italia yang saat ini membela tim AS Roma. Sebagai pemain kelahiran Roma dan lulusan akademi sepak bola AS Roma, Totti hingga kini dikenal sebagai simbol AS Roma dan mendapatkan julukan "Sang Pangeran Roma" oleh tifosi setia klub tersebut. Bersama Gabriel BatistutaHidetoshi Nakata, dan Cafu, Totti mengantarkan klub ibukota Italia itu meraih gelar Serie-A yang ketiga pada tahun 2001.

Melihatt loyalitasnya terhadap tim berlambang serigala ini, wajar saja dirinya sangat dicintai public Roma khususnya. Selama berkarir, Totti mengoleksi berbagai penghargaan individu yang antara lain ;

Gelar Pribadi

  1. Pemain Serie Atermuda : 1999
  2. Pemain dalam tim terbaik Euro 2000
  3. Pemain terbaik Serie A : 2000, 2003
  4. Pemain terbaik Italia : 2000, 2001, 2003, 2004, 2007
  5. FIFA 100
  6. FIFA World Cup2006 : Pemain dalam All Star Team
  7. Pencetak gol terbanyak Serie A : 2006-2007
  8. Sepatu EmasEropa : 2006-07
  9. USSI Silver BallPenghargaan fair play di Serie A : 2007-2008
  10. Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah AS Roma
  11. Penampilan terbanyak sepanjang sejarah AS Roma
  12. Golden Foot Eropa : 2010
  13. Top Skor kedua sepanjang sejarah serie A Italia 

"Terlahir menjadi orang Roma dan Romanisti adalah suatu keistimewaan. Menjadi kapten tim ini adalah suatu kehormatan," tutup Totti.

Penulis: Muhammad Iswan
Foto: Istimewa