Tips Mengatasi Ngantuk Ketika Berpuasa

29-05-2017 03:05:09 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Selain menahan haus dan lapar, tantangan lain yang dihadapi ketika seseorang berpuasa adalah melawan rasa kantuk. Hal ini sangatlah wajar, hal ini dikarenakan karena berkurangnya waktu tidur karena harus bangun lebih awal untuk melaksanakan sahur dan sholat subuh.

Selain itu, faktor perubahan pola makan saat puasa memengaruhi metabolisme tubuh. Serangan kantuk yang muncul saat puasa itu umumnya terjadi akibat penurunan kadar glukosa darah di otak sehingga memengaruhi suplai oksigen.

Ketika rasa kantuk mulai menyerang, salah satu yang anda dapat lakukan adalah dengan tidur selama 15-20 menit ketika jam istirahat tentunya. Tidur berkualitas bisa mencegah Anda mengantuk saat puasa.Berikut cara mengatur pola tidur Anda selama bulan Ramadhan agar tidak mengantuk saat puasa.

Penelitian mengungkap bahwa melakukan tidur siang singkat di siang hari justru bisa membuat tubuh lebih segar dan produktif setelahnya. Tidur siang singkat yang dinamakan dengan 'power nap' justru akan membuat Anda lebih segar dan tak lagi mengantuk sepanjang waktu. Tidur siang ini dilakukan hanya dalam beberapa menit.

Selain 'power nap' kalian juga dapat melakukan hal-hal simple seperti ;

Berjalan Kaki Sesaat : luangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki, hal ini akan membantu Anda kembali terjaga dan merasa lebih segar. 

Gerakan Tubuh Tiap 30 menit :  regangkan kaki Anda setiap 30 menit agar Anda dapat merasa lebih terjaga sepanjang hari.

Mencuci Muka : Ketika mengantuk dan tak bisa mengonsumsi makanan apapun untuk meningkatkan energi, tubuh membutuhkan stimulus lain dari luar agar bisa 'terbangun'. Salah satunya adalah dengan mencuci muka. Ketika Anda merasa wajah mulai kaku karena lelah dan ngantuk, pergilah ke kamar mandi dan cuci muka.

Hindari Musik Slow Beat :  Hindari mendengarkan musik yang slow atau relaxing seperti musik klasik, itu hanya akan membuat Anda semakin mengantuk.

Ngobrol dengan Teman : hindari topik perbincangan yang berat, anda dapat memulai obrolan ringan seperti hal-hal lucu. Jangan picu otak anda untuk berpikir keras akibat salah topik pembicaraan, karena saat berpuasa distribusi oksigen ke otak sangat terbatas.

Jangan Makan Terlalu Kenyang : perut yang terisi penuh sudah tentu membuat seseorang mudah ngantuk, tak perlu banyak, yang terpenting pilih menu padat gizi ketika sahur.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat, nantikan tips-tips menarik lainnya dengan terus meng-update informasi di jakartavenue.com.