Ini Dia Cara Berbuka Puasa yang Benar Untuk Kesehatan!

28-05-2017 10:05:51 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Saat bulan suci Ramadhan umat muslim berkewajiban menjalankan ibadah puasa. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara berbuka puasa yang baik dan benar menurut ilmu kesehatan. Menurut sunah umat muslim berbuka puasa dengan yang manis, baik itu makanan ataupun minuman. Nah yang jadi pertanyaan makanan atau minuman yang manis itu seperti apa?

Menurut ilmu kesehatan makanan atau minuman yang baik untuk berbuka puasa bukan hanya yang manis saja, tetapi juga manis yang baik untuk kesehatan. Jadi bukan hanya manisnya yang utama, melainkan sehatnya yang paling penting. Karena saat berpuasa tubuh akan mengalami kekurangan banyak kalori dan juga cairan, belum lagi lambung yang kosong selama 12 jam akan sangat riskan apabila kita konsumsi sembarangan.

Lantas apa saja makanan manis dan minuman manis yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa? Menurut catatan dari doktersehat.com berbuka puasa boleh saja dengan yang manis asal kadar gulanya tidak terlalu tinggi.

“Berbuka puasa idealnya adalah dengan memakan kurma sebanyak 3 buah dan minum air putih atau teh manis hangat. Kurma selain manis juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menyerap kadar gula dalam tubuh secara perlahan,” demikian penjelasan Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, dari RSCM.

Berbuka dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis memang baik, karena dipercaya dapat memulihkan dan mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa. Hanya banyak orang yang keliru mengartikan “yang manis” tanpa memperhatikan kesehatannya. Menurut Dr Ari adalah bukan melarang yang manis, tapi perhatikan porsi dari makanan dan minuman manis yang akan dikonsumsi jangan terlalu berlebihan.