Tips Jitu Atasi Bau Mulut Saat Puasa, No. 8 Bikin Sedih

28-05-2017 06:05:02 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Pada saat puasa seringkali kita mengalami bau mulut. Tentu saja penyebabnya karena mulut kita kering akibat dari tidak mengkonsumsi air. Mulut yang kering itu menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap. Jika aktivitas mengharuskan kita bertemu banyak orang bisa jadi jadi kurang percaya diri. Berikut tips jitu mengatasi bau mulut saat puasa:

  1. Rajin Menggosok Gigi

Sebaiknya Anda jangan malas-malas untuk menggosok gigi, lakukanlah minimal dua kali sehari. Setelah sahur atau bangun pagi dan sebelum tidur di malam hari akan membantu gigi Anda untuk tetap bersih dari kuman dan kotoran penyebab bau mulut.

  1. Gunakan Obat Kumur Non Alkohol

Berkumur dengan obat kumur non alkohol juga bisa mambantu Anda menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Karena bakteri-bakteri dalam mulut yang tersembunyi sekalipun bisa mati dengan obat kumur.

  1. Banyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Berbuka

Setelah seharian berpuasa biasa kita cenderung akan tergiur dengan berbagai minuman yang berpenampilan menawan dengan rasa manis yang menggoda dahaga. Tapi ingat jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih, karenanya dapat meningkatkan produksii air liur yang pastinya menjaga mulut tetap bersih dan terbebas dari bau mulut.

  1. Bersihkan Karang Gigi

Nah yang satu (karang gigi) ini juga jadi penyebab timbulnya bau mulut. Pergilah ke dokter dan bersihkan karang gigi agar mulut tetap bersih sehingga terhindar dari masalah bau mulut.

  1. Bersihkan Lidah

Selain gigi, lidah juga ikut berperan dalam menciptakan bau mulut. Tak disangka sisa kotoran yang terdapat di lidah ternyata bisa membuat mulut beraroma tak sedap lebih kuat dibandingkan kotoran yang nenempel pada gigi. Nah selain menggosok gigi, bersihkan lidah juga sangat perlu dilakukan

  1. Mengkonsumsi Yogurt

Salah satu penyebab bau mulut adalah adanya masalah pada pencernaan sehingga gas dari dalam lambung naik ke mulut dan hasilkan bau tak sedap. Nah dengan mengkonsumsi yogurt dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dan otomatis dapat menghilangkan masalah bau mulut.

  1. Rajin Berolahraga

Kenapa berolahraga bisa mengatasi bau mulut? Nah didalam tubuh kita terdapat banyak racun termasuk racun yang menyebabkan bau mulut. Dengan berolahraga dapat mengeluarkan racun tubuh, termasuk racun yang menyebabkan bau mulut.

  1. Jangan Kebanyakan Tidur

Tidur menjadi pilihan utama ketika seseorang ingin menghabiskan waktu berpuasa dengan melewati rasa haus dan lapar. Selain memiliki kelebihan dari sisi agama yaitu ibadah dan menghindarkan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Tidur juga bisa mengakibatkan bau mulut. Tidur menyebabkan mulut kering dan kurang air, itulah sebabnya terlalu banyak tidur menyebabkan mulut kering dan timbul bau tidak sedap.