Mau Berhenti Merokok Tapi Tak Tahu Gimana Caranya? Lakukan Hal Ini!

27-05-2017 04:05:11 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Hari pertama berpuasa mungkin terasa agak panjang waktunya, sambil menunggu waktu berbuka, kali ini JakartaVenue coba membagikan tips bagaimana seseorang terlepas dari kebiasaan menghisap rokok yang semoga bermanfaat.

Kalian tentu sudah tahu, tak hanya membahayakan kesehatan si penghisap, asap rokok juga sangat membahayakan orang disekeliling atau disebut perokok pasif. Kalian tentu sudah bosan mendengarkan seseorang yang mengatakan ingin berhenti merokok namun masih tetap merokok, hal tersebut wajar, mengingat bukan hal mudah seseorang bisa terlepas dari kebiasaan membakar duit tersebut, berikut tips efektif berhenti merokok yang kami kutip dari berbagai sumber.

Pengobatan Medis

Biasanya langkah medis yang digunakan untuk mengatasi kecanduan merokok adalah terapi pengganti nikotin. Efek nikotin juga bisa Anda dapatkan dari permen karet, tablet hisap, plester, inhaler, dan semprotan hidung, yang semuanya mengandung nikotin. Doktor dapat pula meresepkan obat medis seperti bupropion atau varenicline.

Antisipasi Gejala yang Timbul saat Awal Berhenti Merokok

Perasaan sakit (mual), sakit kepala, gelisah, hingga perasaan lekas marah biasanya akan timbul di awal berhenti merokok. Gejala tersebut disebabkan karena berkurangnya nikotin dalam tubuh Anda. Umumnya, kondisi tersebut akan memuncak dalam rentang waktu 12-24 jam dan kemudian secara bertahap akan mereda dalam waktu 2-4 minggu. Hal lain mungkin Anda hadapi adalah gejala batuk yang cukup parah, hal ini lantaran saluran udara pada tubuh Anda kembali berfungsi.

Metode Relaksasi

Berhenti merokok memang dapat membuat diri Anda stres. Namun hal ini bisa diatasi dengan metode relaksasi seperti melakukan yoga, pijat, tai chi, mendengarkan musik klasik, menghela napas panjang, dan olah tubuh lainnya.

Ubah Rutinitas dan Hindari Pemicu

Hindari faktor yang dapat membuat Anda kembali merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minuman beralkohol. Jika terbiasa merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain sebagai pengganti, seperti berjalan-jalan, mengunyah permen karet, camilan kacang, kuaci, atau bahkan menggosok gigi.

Gejala apa saja sih yang dirasakan seseorang ketika berhenti mengkonsumsi rokok, ?

Dalam kurun waktu selam 3 hari seseorang berhenti mengkonsumsi rokok seluruh kadar nikotin yang tersisa dalam tubuh Anda akan menghilang seluruhnya. Kabar buruknya, di fase ini pulalah gejala “sakaw” akan rentan timbul dan meningkat. Anda mungkin akan mengalami mual, kram, dan berbagai masalah emosional sebagai tambahan dari gejala awal putus nikotin.Ketegangan dan rasa ngidam akan perlahan menumpuk selama fase ini, terkadang hingga tidak tertahankan tapi setelah melewati fase tersebut, dijamin tubuh kalian semakin sehat dan dapat berfungsi secara maksimal.