RICMA Siap Gelar Ramadhan Jazz Festival 2017, “Morality in Harmony”

26-05-2017 11:05:21 By Iwan Inkiriwang
img

 JakartaVenue | Untuk yang ke-7 kalinya, dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadhan 1438 H,  sebuah kegiatan tahunan dengan nama “Ramadhan Jazz Festival 2017” akan kembali digelar yang merupakan hasil kerjasama Remaja Islam Masjid Cut  Meutia (RICMA)  dan WartaJazz - sebuah eco-system Jazz Indonesia yang juga menyelenggarakan sejumlah Festival Jazz lain seperti Maratua Jazz & Dive Fiesta, Maumere Jazz Fiesta, Flores, Reyog Jazz Ponorogo dan berbagai kegiatan lainnya.

Mundur ke 7 tahun yang lalu, RICMA merespon tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerjasama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak-anak muda ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahim dan menambah pengetahuan ke-Islam-an kita bersama.

Mengutip firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 04, yakni “Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia- lah Rabb Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.”.

Acara ini akan digelar pada tanggal 09- 10 Juni 2017 bertempat di Plaza Masjid Cut Meutia Menteng dengan rangkaian acara dimulai sejak Ba’da salat Ashar. Beberapa rangkaian acara dari The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017 yakni program Pre Event bertajuk Youth Creative Exhibition yang bertempat di Taman Menteng pada tanggal 03 Juni 2017.

Pada acara tersebut akan diselenggarakan audisi Band, audisi Tari Saman, dan pameran seni yang kelak akan ditampilkan pada acara Main Event Ramadhan Jazz Festival 2017. Selain itu terdapat Social Activity bersama komunitas 1000 Guru yang akan fokus pada masalah pendidikan. Kami sebagai remaja masjid yang peduli terhadap pendidikan dan isu sosial merasa perlu menciptakan suatu wadah untuk membantu menunjang sarana dan prasarana demi terciptanya pendidikan yang baik.

Oleh sebab itu, kami memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai bentuk upaya untuk mendapatkan pahala dan keberkahan sebanyak-banyaknya dengan cara mewujudkan kegiatan sosial ini. Dimana pada acara Ramadhan Jazz Festival ini, dana yang kami dapatkan dari para pengunjung akan didonasikan dalam bentuk paket sumbangan pendidikan (alat tulis, seragam, dan alat- alat sekolah).

Derisman Nugraha selaku Project Officer The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017 menyatakan, “Ramadhan Jazz Festival merupakan sosial activity yang dikemas dengan festival musik dan disisipkan unsur dakwah didalamnya. Saya senang dan bangga menjadi bagian dari Ramadhan Jazz Festival. Terdapat rasa kepuasan yang berbeda setiap menjalankan Ramadhan Jazz Festival ini setiap tahunnya. Saya banyak belajar dari sini dan merasakan bahwa pertolongan Allah SWT itu nyata.”

Sementara Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF mengungkapkan, “RJF merupakan sebuah ikhtiar dari WartaJazz untuk anak-anak muda Indonesia. Sebuah program Jazz yang memperkaya khasanah musik (jazz) dunia. Hendaknya kita melihat ini sebagai sebuah proses, bukan hasil akhir”. Beberapa nama yang dipastikan akan tampil dalam Ramadhan Jazz Festival 2017 antara lain Fariz RM, Andre Hehanussa, Glenn Fredly dan lain-lain.

Menurut catatan panitia, acara The 6th Ramadhan Jazz Festival 2016 yang digelar tahun lalu berhasil mengumpulkan 68 kantong darah yang disalurkan kepada PMI serta dana infaq mencapai Rp. 32.000.000 yang berasal dari tiket masuk (donasi) pengunjung. Pada acara tahun kini, kami kembali mengadakan paket donasi sebagai tiket masuk pengunjung yang akan dialokasikan untuk sumbangan alat tulis, seragam sekolah, serta perlengkapan sekolah lainnya untuk siswa/I Madrasah Ibtidaiyah Hidayatysshibyan di Tangerang serta bekerja sama dengan pihak 1000 Guru. Dalam acara Main Event The 7th Ramadhan Jazz Festival tahun ini ditargetkan akan mendatangkan lebih banyak partisipan dan pengunjung serta dihadiri oleh tokoh- tokoh ternama, baik dari pengisi acara, tokoh politik, masyarakat, serta duta besar dari negara- negara sahabat.