Kuliner Khas yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan, Pasti Bikin Ngiler

26-05-2017 10:05:58 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Ramadhan penuh berkah, ramadhan ceria, dan ramadhan penuh warna. Sukacita besar bagi umat muslim saat bulan suci ramadhan tiba memang seperti terlukis oleh kata-kata diatas. Berkah yang dimaksud adalah ibadah yang dijalankan membawa berkah yang melimpah, karena puasa adalah salah satu dari kelima rukun Islam yang wajib hukumnya untuk dijalankan oleh setiap umat Muslim dimuka bumi ini.

Sedangkan ceria adalah perasaan senang ataupun kemenangan yang diraih saat menjalankan ibadah puasa sehari penuh dan menyambut hari kemenangan melewati ujian dengan merayakan Hari Lebaran atau Idul Fitri. Dan terakhir adalah warna, dimana saat menjalankan ibadah puasa banyak sekali godaan dan tantangan yang harus dilalui untuk meraih kemenangan yang fitri. Selain warna dalam ibadah, ada pula warna-warni yang menghiasi bulan ramadhan yaitu aneka kuliner khas ramadhan.

Berikut ini adalah beberapa kuliner yang selalu hadir saat bulan suci ramadhan tiba, yakni;

Kolak

Terdiri dari berbagai jenis, kolak merupakan salah satu kuliner favorit saat ramadhan. Mulai dari kolak pisang, biji salak, sampai pacarcina. Selain itu juga ada setup tape dan bubur sumsum, yang dapat menjadi aneka pilihan rasa saat berbuka puasa.

Asinan

Selain kolak para penjaja makanan juga menyiapkan asinan dengan berbagai pilihan seperti asinan sayur atau asinan buah yang sangat segar dan menggoda selera.

Berbagai minuman

Selain kuliner berupa makanan juga berbagai minuman yang ramai di jumpai saat bulan puasa, beberapa diantaranya adalah es kelapa muda, es pisang ijo, es buah, dan lainnya.

Timun Suri

Selain makanan dan minuman, ada satu lagi kuliner yang hanya dijumpai saat bulan puasa yaitu timun suri. Buah sejenis mentimun besar dengan kulit warna kuning cerah ini juga sering dijadikan campuran membuat minuman segar atau es buah.

JV Readers itulah beberapa kuliner khas yang hanya dapat dijumpai saat bulan suci ramadhan tiba. Dan semuanya dapat dijadikan makanan atau menu dalam berbuka puasa. Selain banyak dijual orang, JV Readers juga dapat mengolahnya sendiri dirumah untuk dinikmati bersama keluarga.