Inilah Fakta Unik Seputar Ramadhan di Indonesia Yang Wajib Diketahui

26-05-2017 09:05:20 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Hari Sabtu (27/05/2017) besok umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1438 H, termasuk di Indonesia. Tahukah JV Readers sekalian tentang apa saja sih yang selalu dinantikan saat bulan Ramadhan tiba, selain menunaikan ibadah puasa? Bulan suci Ramadhan bagi umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia diyakini selalu membawa berkah yang sangat melimpah terutama secara rohaniahnya.

Dari waktu ke waktu memang selalu ada perubahan dalam menyambut datangnya ataupun selama bulan ramadhan. Namun tetap ada yang khas dan selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang selama bulan ramadhan, selain tarawih dan ibadah puasa tentunya. Berikut tim JakartaVenue merangkum beberapa fakta unik dank has yang selalu dinantikan saat datangnya dan seputar ramadhan ini, sebagai berikut;

Kegiatan Buka Bersama (Bukber)

Untuk yang satu ini bahkan sudah banyak yang merencanakannya sejak jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba. Banyak orang merencanakan bukber ini secara bergantian baik bersama keluarga, teman (kantor, kampus, atau sekolah), komunitas, dan masih banyak lagi.

Membangunkan orang sahur

Kegiatan membangunkan sahur ini bisa dilakukan oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Biasanya saat berkeliling membangunkan orang sahur ini dilakukan secara beramai-ramai dengan membawa berbagai alat seperti obor, bunyi-bunyian, kentongan dan juga kayu.

Ngabuburit

Kegiatan yang satu ini dilakukan saat-saat mendekati berbuka puasa atau di sore hari. Biasanya sembari menunggu bedug berbuka puasa orang-orang melakukan berbagai aktifitas seperti berolahraga santai, jalan-jalan bersama anak, dan lain-lain juga sambil membeli makanan untuk berbuka puasa.

Kolak dan pedagang jajanan lainnya

Kolak adalah salah satu jajanan dan makanan berbuka puasa yang paling favorit, selain juga merupakan makanan khas di bulan puasa. Nah ini juga diikuti dengan banyaknya pedagang musiman atau dadakan yang menjajakan dagangan untuk berbuka puasa.

Petasan

Walaupun sudah berkali-kali dilarang ataupun dirazia, namun sepertinya petasan sudah menjadi ikon tersendiri yang tidak bisa hilang saat bulan Ramadhan tiba.

Nah kira-kira itulah beberapa fakta unik yang hanya ada saat bulan ramadhan tiba, yang tentunya sudah seperti tradisi yang tumbuh dengan sendirinya tanpa ada yang mengatur dan mengarahkannya. Memang banyak yang sering kali menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat, namun kembali lagi selam tidak mengganggu ataupun merugikan orang lain ya silahkan. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga JV Readers sekalian diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankannya sampai hari kemenangan yang Fitri nanti.