Ini Manfaat dan Khasiat Terapi Bekam Untuk Kesehatan

24-05-2017 11:05:59 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bekam merupakan pengobatan alernatif yang sudah ada sejak sebelum Masehi yaitu Kerajaan Sumeria yang berkembang ke Babilonia, Mesir kuno dan Persia. Pengobatan bekam dilakukan dengan mengeluarkan darah statis yang berisi racun dalam tubuh manusia.

Dalam prosesnya, bekam memiliki tahapan sebelum sampai ke tahap mengeluarkan toksin bersama darah statis. Pertama tubuh pasien terlebih dahulu dipukul-pukul tidak kencang menggunakan sapu aren yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah kemudian dioles dengan minyak zaitun, lalu dilanjutkan pemijatan ringan juga untuk membantu memperlancar aliran darah.

Setelah pemijatan selesai barulah tahap kop atau vakum dimulai, tetapi tidak langsung mengeluarkan darah melainkan memusatkan darah yang akan dikeluarkan atau disebut kop kering. Berlangsung selama kurang lebih sepuluh menit kemudian masuk ke tahap utama yaitu mengeluarkan darah yang berisi toksin dari dalam tubuh dengan cara dilukai dengan jarum khusus berukuran kecil dan steril sekali pakai.

Kentalnya darah menjadi indikasi racun yang keluar dari dalam tubuh. Apabila darah yang dikeluarkan kental menunjukkan banyaknya racun dalam tubuh pasien, sebaliknya bila darah tersebut tidaklah kental berarti racun dalam tubuh tidaklah banyak.

Perlu diketahui banyak salah paham mengenai bekam, masyarakat banyak yang menganggap bahwa tolak ukur keberhasilan bekam mengeluarkan racun dalam tubuh dilihat dari banyaknya darah yang keluar. Padahal sebenarnya tidaklah seperti itu.

Menurut Iman, Branch Manager BRC Tebet menjelaskan, bahwa banyaknya darah yang keluar bukanlah ukuran keberhasilan terapi bekam, tapi kentalnya darah yang keluar menandakan banyaknya racun yang dikeluarkan.

“Keberhasilan bekam itu bukanlah dilihat dari banyaknya darah yang keluar, tapi racun yang berhasil dikeluarkan dari dalam tubuh itu dilihat dari kentalnya darah yang keluar ketika dilakukan bekam basah”

Menurut Iman dan testimony dari pasien di BRC, terapi bekam memiliki bermacam manfaat dan khasiat dari yang ringan hingga berat seperti berikut:

  • Mengobati masuk angin
  • Mengobati Kolesterol
  • Menurunkan darah tinggi
  • Mengobati pusing
  • Meningkatkan daya ingat
  • Mengobati stroke
  • Mengobati ginjal
  • Mengobati Asma
  • Mengobati Jantung

Untuk keluhan ringan bekam bisa dilakukan dengan frekuensi yang tidak sering, tetapi untuk penyakit yang berat terapi bekam dilakukan sampai beberapa kali. Tidak hanya pada saat sakit saja melainkan bekam juga dilakukan setelah sembuh untuk menjaga tubuh tetap segar serta menjaga stamina. 

Penulis; Leo T Agusman
Foto: Istimewa