Selamat Jalan Legend “The Kentucky Kid” Nicky Hayden!

24-05-2017 12:05:56 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Dunia otomotif dirundung duka, setelah pada Senin (22/5) kemarin, salah satu eks juara dunia MotoGp 2016 Nicky Hayden meninggal dunia akibat kecelakaan yang dialaminya pada 17 Mei lalu. Kendati sempat mendapatkan penanganan medis, cedera parah yang dialami Nicky tak dapat tertolong.

Pada saat kejadian Rabu lalu, pembalap kelahiran 30 Juli 1981 ini ditabrak mobil saat berlatih sepeda di Riccione-Tavoleto, sebelah selatan daerah Rimini – Italia.  Ia lalu dilarikan ke Rumah Sakit Cesena Maurizo Bufalini dan dirawat di ICU. Cedera berat di kepala membuat pembalap AS berusia 35 tahun akhirnya tak tertolong.

Kabar ini menjadi duka mendalam bagi para pembalap muda MotoGp dan Superbike, mengingat kini membalap di ajang World Superbike (WSBK) bersama Red Bull Honda World Superbike Team. Dia berada di Italia setelah menjalani seri balapan WSBK di Autodromo Enzo e Dino Ferrari, 13-14 Mei lalu.

2006, Hayden menjadi ujung tombak aspirasi kejuaraan untuk Repsol Honda, dan merupakan satu-satunya pembalap yang diberikan penuh motor Honda 2006 selama tes pra-musim. Dia memimpin kejuaraan dari balapan ke-3 dan terlihat siap untuk mematahkan rantai juara beruntun Valentino Rossi

Di balapan terakhir dalam musim itu pada 29 Oktober 2006, Rossi jatuh pada putaran 5 saat mencoba untuk memperbaiki start-nya yang buruk. Hayden memenangkan gelar 2006 dihari itu dengan finis ke-3 (9,3 detik) di belakang sang pemenang, Troy Bayliss, dan Loris Capirossi. Hal tersebut menjadikannya juara dunia MotoGp 2006.

Penulis: Muhammad Iswan
Foto: Istimewa